Sunday, March 5, 2017

21 Foto Unik Ini Bakal Bikin Kamu Mikir Dua Kali Melihatnya

Foto Unik - Banyak memang seseorang males akan membaca teks yang panjang, apalagi sampai puluhan paragraf. Meskipun demikian, ada juga seseorang yang lebih suka dengan melihat gambar.

foto unik terbaru

Lalu yang kamu termasuk kriteria yang mana, dari kedua diatas? Bila kamu orangnya teliti kamu akan mikir satu kali saat foto dibawah ini. Nah, berbeda jika kamu orangnya kurang teliti, kamu pasti susah menemukan apa maksud dari foto dibawah ini.

Langsung saja, supaya kamu bisa nilai ketelitian kamu, Berikut 21 Foto Unik ini bakal bikin kamu mikir dua kali :

#21 Foto Unik


1. Perhatikan mata wanita ini 

foto unik wanita

Ngeri juga ya. . .

2. Liat Kelakuan cewek ini 

foto unik wanita


3. Kalo anak kecil dikasih kopi starbuck 

foto unik terbaru


4. Cowok Ini gatel deh

foto unik terbaru

5. Cewek Berkepala dua, siluman kali ya 

foto unik terbaru

6. Gagal fokus liat papa 

foto unik terbaru

7. Jangan di Play ya

foto unik terbaru
mirip video review pizza. 

8. Anjing berkepala dua


9. Cewek ini, kok bisa terbang duduk?

foto unik terbaru


10. Siapa yang digendong? Komen dibawah ya.

foto unik terbaru

11. Perhatikan kaki cewek yg ditengah, ada yang aneh gak?

foto unik terbaru

12. Seorang cewek ditempat Gym. 

foto unik terbaru


13. Papaku si tangan Panjang

foto unik terbaru

14. Kayaknya ada yg kejepit deh.

foto unik terbaru


15. Seperti bokong botak. coba lihat dua kali

foto unik terbaru


16. Dengan pedenya...

foto unik terbaru


17. Gorila di sore hari

foto unik terbaru

18. Cium bokong, eh . . .bener gak ya?

foto unik terbaru


19. Kaki bersinar

foto unik terbaru


20. Si cewek tangan panjang

foto unik terbaru

21. Ada sesuatu

foto unik terbaru

Nah, itu tadi beberapa foto unik yang bakal bikin kamu mikir dua kali saat pertama kali melihatnya. bagaimana? anda masih penasaran dengan foto diatas? silahkan scroll ulang ya. 

Saturday, June 18, 2016

7 Hal dari Perbuatan Sepele yang Bisa Membatalkan Puasa

7 Hal Sepele yang Bisa Membatalkan Puasa  - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, ditambah lagi umat Islam di seluruh dunia diwajibkan beribadah Puasa. Nah, berbicara tentang Puasa banyak sekali pantangan yang harus kita lalui. Bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, akan tetapi hal yang berbau negatif juga. Meski merasa sudah bisa melalui pantangan tersebut, ternyata ada beberapa hal sepele atau tanpa kita sadari bisa bikin kita batal puasa loh, penasaran?  

Berikut 7 Hal Dari Perbuatan Sepele Yang Bisa Membatalkan Puasa:

1. Melihat Postingan Makanan 

hal Yang Bisa membatalkan puasa  melihat postingan makanan
[image source]
Pasti kamu masih masih belom bisa ya berpuasa dengan mengurangi aktivitas di media sosial? faktor kecanduan gadget ini yang susah di kurangi dan kelihatannya sih sepele, padahal cuma bermain dengan gadget trus buka aplikasi Instagram atau facebook, tiba-tiba lihat postingan makanan. Karena saking tertariknya dengan postingan itu sampai terbayang di pikiran kita dan akhirnya nelen ludah. Yah batal deh, padahal buka puasa tinggal beberapa menit lagi.


2. Meludah

hal Yang Bisa membatalkan puasa meludah
[image source]
Bukan hanya hal sepele seperti nelen ludah karena lihat postingan makanan yang bisa bikin batal puasa, meludah pun bisa juga bikin batal lho! Karena saat kita meludah, secara tidak langsung ludah kamu bakal tertelan lagi dan bisa-bisa mengurangi nilai puasa kamu.


3. Kemacetaan

hal kemacetan Yang Bisa membatalkan puasa
[image source]
Hal memang sering terjadi saat kita berkendara di jalan kemudian terjebak macet. Kemacetan memang bener-bener menguji kesabaran kita, tapi sering kali kita lupa kalo udah terjebak pasti kita bersungut-sungut ke pengendara yang lain karena pengen buru-buru cepet sampai. 

Baca Juga: 7 Menu Buka Puasa Yang Paling Nikmat Dan Wajib Ada !

Belum lagi macet menjadi ujian kita untuk melawan hawa nafsu kita, misalnya ada cewek cantik pakai rok kemudian lewat di depan kita? yakin dan percaya pasti kamu ga bisa tahan buat ngelihat atau cepet-cepet ngalihin perhatian kan?  


4. Tidur

hal Yang Bisa membatalkan puasa tidur
[image source]
Tidurnya orang berpuasa adalah Ibadah, selain mendapat pahala amalannya pun akan di lipatgandakan. Hal tersebut menjadikan jurus andalan nahan puasa sembari menunggu magrib tiba. Meskipun demikian, ternyata tidur bisa juga membatalkan puasa lho, apalagi tidur kemudian sampai mimpi basah? bisa-bisa puasamu batal.


5. Nonton Tv 

hal Yang Bisa membatalkan puasa nonton tv
[image source]
Kenapa nonton Tv bisa membatalkan puasa? Jelas, tanpa sengaja kita menonton adegan romantis seperti sinetron atau model artis yang memakai busana fulgar kemudian melakukan kissing itu bisa saja menghilangkan pahala puasa kita. Apalagi nonton perdebatan di Tv sampai kita pun ikut tersinggung itu juga bisa bikin puasa kita batal. Memang hal sepele sih, maka dari itu kalo bisa saat kita berpuasa cari aktivitas yang positif ya. 


6. Galau

hal Yang Bisa membatalkan puasa galau
[image source]
Galau ternyata bisa mengurangi pahala puasa kita, apalagi saat galau kemudian kita sampai nangis karena ingat mantan atau ga bisa ketemu sama pacar. Galau seperti itu sih bisa bikin batal puasa.


7. Menagih Hutang  

hal Yang Bisa membatalkan puasa menagih hutang
[image source]
Menagih hutang memang hak kita untuk mereka yang  memiliki hutang diharuskan membayar. Ternyata, hal sepele seperti bisa membatalkan puasa ketika kita menagih hutang di waktu yang bukan ditentukan. Misalkan kamu menghutangkan hari senin kemudian kamu memiliki kesepakatan waktu yang di tentukan sama pengutang untuk membayarnya di hari senin depan, ternyata kamu malah menagihnya di hari sabtu atau hari minggu. Jelas, diluar kesepakatan bisa menyakiti orang yang memiliki hutang tersebut. Apalagi kamu menagihnya di waktu bulan puasa, bisa bisa bikin batal puasa.

Baca Juga: 5 Tips Menagih Hutang Paling Jitu

Sebaliknya, bagi kamu yang justru meringankan beban saudaramu dengan membayar hutangnya, di akhirat kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan suatu kebahagiaan karena kamu akan memiliki banyak saudara.

Baca Juga: 8 Kegiatan Sepele Yang Menjadikanmu Makin Pintar

Nah, itu tadi tujuh hal perbuatan sepele yang ternyata tanpa kita sadari bisa membatalkan puasa. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Jangan lupa share dan beri pendapatmu ya.  

(source)

Thursday, June 9, 2016

5 Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah

5 Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah - Mata uang merupakan hal paling pokok dalam dunia keuangan. Dahulu kala manusia primitif sebelum menggunakan uang mereka akan melakukan barter (pertukaran barang) untuk mendapatkan barang lain, kemudian setelah zaman labih modern manusia mulai menggunakan alat penukar berupa uang. Ketika mata uang suatu negara bernilai tinggi tentu akan memberi banyak keuntungan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara tersebut. 

Namun apa yang akan terjadi ketika suatu negara memiliki mata uang rendah? mata uang (nilai kurs) akan menerima penawaran yang lebih banyak dibandingkan dengan permintaan, sehingga akan menyusahkan proses jual beli, misal membeli roti saja harganya milyaran, bahkan masyarakat akan lebih memilih menimbang uang transaksi daripada menghitungnyaPenyebab Nilai Tukar Mata Uang menjadi rendah diantaranya seperti Defisit Neraca Perdagangan, Suku Bunga yang rendah dan juga Hutang publik serta kondisi ekonomi dan politik suatu Negara.
5 Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
5 Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah [img src]
Ada 180 mata uang yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang masih mengacu pada USD sebagai kiblat tinggi rendahnya mata uang. Namun kali ini kita akan membahas 5 mata uang terendah di dunia, bahkan jauh dibawah rupiah. Berdasarkan Yahoo Currency Converter pada tanggal 9 Juni 2016 mata uang yang lebih rendah dari IDR adalah sebagai berikut:

1. Sao Tome Dobra (STD)

Republik Demokratik Sao Tome dan Principe adalah sebuah terkecil di Afrika. Negara dengan mata uang Dobra dengan kode STD ini memiliki pulau-pulau yang subur, negara ini pernah menjadi produsen gula terbesar di dunia pada abad ke-20. Negara dengan luas 67% dari luas DKI Jakarta, saat ini menjadi pengekspor kopi, coklat, dan kelapa sawit.
Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
Uang kertas Sao Tome mempunyai nilai nominal tertinggi 100.000 STD. [img src

Nilai Tukar 
United States Dollar USD (US$ 1)  = 21483.5 Sao Tome Dobra (STD)
Rupiah Indonesia IDR (Rp 1) = 1,6232 Sao Tome Dobra (STD)


2. Iran Rial (IRR)

Iran masih menjadi negara yang memiliki mata uang terendah di dunia. Negara yang memiliki bank sentarl Central Bank of thr Islamic Republic of Iran ini memakai mata uang bernama Rial Iran (IRR). Dikarenakan Iran yang terletak di benua Asia ini memiliki kondisi perpolitikan yang tidak stabil dan isu nuklir membuat negara-negara seperti Amerika dan Eropa resah dan melakukan embargo minyak. 
Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
Uang koin terbesarnya adalah 5.000 IRR dan uang kertas nominal terbesarnya adalah 100.000 IRR [img src]

Nilai Tukar 
United States Dollar USD (US$ 1)  =  30486 Iran Rial (IRR)
Rupiah Indonesia IDR (Rp 1) = 2,3014 Iran Rial (IRR)


3. Vietnam Dong (VND)

Vietnam merupakan negara tetangga yang bernilai rendah setelah Iran. Negara dengan populasi 84 juta jiwa mendapat rangking 13 negara terpadat di dunia. Perang Vietnam sangat menghancurkan perekonomian Vietnam diantaranya ekonomi Vietnam terganggu oleh ketidak efisien-an dan korupsi dalam program-program negara. Vietnam juga menderita akibat embargo perdagangan oleh Amerika Serikat. Pada saat yang bersamaan, investasi asing tumbuh tiga kali lipat sehingga sekarang Vietnam adalah produsen minyak terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Baca Juga: 14 Fakta Mengerikan Di Dunia Yang Belum Kamu Ketahui

Vietnam secara umum masih tergolong negara miskin, berdasarkan jumlah penduduk yang hidup dengan pendapatan di bawah $1 per hari, telah menurun secara drastis dan sekarang lebih sedikit daripada di Tiongkok, India dan Filipina. Pengangguran diperkotaan meningkat terus menerus dalam beberapa tahun terakhir karena tingginya tingkat migrasi dari desa ke kota-kota, sedangkan pengangguran di pedesaan sudah mencapai level kritis. 
Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
 Vietnam Central Bank pun sempat mengeluarkan uang kertas dengan nominal terbesar 500.000 VND. [img src]

Nilai Tukar 
United States Dollar USD (US$ 1)  =  22344 Vietnam Dong (VND)
Rupiah Indonesia IDR (Rp 1) =  1,6867 Vietnam Dong (VND)


4. Belarus Ruble (BYR)

Merupakan negara di Eropa Timur yang terkenal dengan bangunan kastil yang begitu indah. Belarus ialah negara pedalaman, relatif datar, dan memiliki bidang berawa yang besar. Danau dan sungai membentuk negeri ini. Hutan meliputi sekitar 34 % keseluruhan bentang darat, membuat produk kehutanan SDA paling tertinggal di negara yang memiliki bank sentral National Bank of the Republic of Belarus.
Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
 National Bank of the Republic of Belarus mengeluarkan uang kertas dengan nominal terbesar 100000 Belarus Ruble (BYR) [img src]

Nilai Tukar 
United States Dollar USD (US$ 1)  =  19740 Belarus Ruble (BYR)
Rupiah Indonesia IDR (Rp 1) =  1,4903 Belarus Ruble (BYR)


5. Ecuador Sucre (ECS)

Ekuador adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbentuk republik. Mempunyai wilayah sebesar 272.045 km² negara ini juga merupakan salah satu dari dua negara di Amerika Selatan yang tidak berbatasan dengan Brasil. 

Negeri dengan ibu kota Quito ini terkenal dengan kepulauan tropis yang dikenal masyarakat dunia sebagai Galapagos world herritage karena kekayaan hayati di dalamnya yang memang sangat kaya akan fauna, beragam jenis burung bisa ditemui disini salah satunya burung Nazar.
Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah
Uang kertas dengan nominal terbesar 50000 Ecuador Sucre (ECS)
 [img src]
Nilai Tukar 
United States Dollar USD (US$ 1)  =  25000 Ecuador Sucre (ECS)
Rupiah Indonesia IDR (Rp 1) =  1.8874 Ecuador Sucre (ECS)

Itulah 5 Negara Dengan Mata Uang Terendah Di Dunia, Bahkan Jauh Di Bawah Rupiah, 5 negara di atas recomended buat kamu yang doyan travelling keluar negeri karena kurs rupiah masih terbilang tinggi di negara ini. Meskipun sebenarnya kurs Indonesia masih terbilang lemah dibanding negara berkembang lain. Mungkin 5 negara di atas bisa menjadi pertimbangan kamu untuk travelling ke luar negeri. Yuk share supaya solers lain pada tau :)


Tuesday, June 7, 2016

12 Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos

12 Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos - Bicara mitos memang tak pernah ada ujungnya, tak ketinggalan juga bunga dan tanaman  yang tumbuh di Indonesia pun memiliki mitos tersendiri. Indonesia masih kental akar tradisi dan budaya para leluhurnya yang khususnya orang jawa atau yang orang bilang 'kejawen', bahkan diyakini beberapa bunga atau tanaman yang mempunyai kesaktian dan mampu menangkal santet sampai-sampai bisa membawa kewibawaan bagi mereka yang menanamnya. Penasaran? Berikut simak Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos:


1. Daun Kelor, Penangkal Santet

daun kelor penangkal ilmu hitam
Daun kelor bagi masyarakat Jawa, daun kelor penangkal ilmu hitam [img src]

Di samping dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, pohon kelor juga dianggap pohon sakti. Hal inilah yang memunculkan mitos bahwa daun ini bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus. 


2. Sawo Kecik, Membawa Kebaikan

mitos pohon sawo kecik di depan rumah, membawa kewibawaan
Sawo kecik dipercaya bisa membawa kewibawaan [img src]

Bagi masyarakat Jawa disebut juga sarwo becik atau serba baik. Menurut mitos yang menanam pohon sawo di depan rumahnya akan selalu mendapatkan kebaikan. Konon, buah pohon ini sangat digemari oleh putri keraton, bila memakan buah ini, keringat, napas dan juga air seninya menjadi harum.


3. Keistimewaan Bunga Wijaya kusuma, Sebagai Jimat 

Bunga Wijayakusuma yang asli berasal dari alam gaib, erat kaitannya dengan legenda seorang perempuan dari sebuah kerajaan yang lari mengasingkan diri ke pantai selatan. Sang putri lari karena tidak ingin dinikahkan. Pengasingan diri yang dilakukannya ini, kemudian membuatnya melakukan tapa dan meminta ketentraman kemudian menyeburkan diri ke laut.
keistimewaan bunga wijaya kusuma
Bunga Wijayakusuma konon juga dicari para paranormal sebagai ajimat [img src]
Menurut cerita, si putri ini mengandung di dalam alam gaib dan anak yang dilahirkan cacat. Sosok anak ini digambarkan sebagai bunga Wijayakusuma yang sewaktu-waktu berubah menjadi orang cacat. Bunga itu konon juga bisa digunakan untuk pengobatan, bahkan untuk menghidupkan orang mati, menjadikan 


4. Mitos Bunga Kemuning Jawa, Menolak Ilmu Hitam
mitos bunga dan pohon kemuning jawa
Tanaman ini juga dipercaya bisa menolak kekuatan sihir atau ilmu hitam [img src]



5. Mitos Pohon Bambu Kuning, Mengusir Aura Negatif
mitos pohon bambu kuning
[img src]

Mitosnya pohon Bambu Kuning mampu menangkal agar tidak ikut menjadi korban amuk lelembut itu dengan membuat gelang atau kalung dari bambu kuning. Konon, bambu kuning itu dipercayai memiliki kemampuan mengusir aura negatif, menolak bala, santet dan melancarkan rizky.

6. Mitos Bunga Kantil, Pemanggil Hantu

Bunga kantil merupakan bunga pertama yang dipercaya memiliki unsur magis pemanggil hantu, keberadaan Bunga Kantil kerap saja dihubung-hubungkan sebagai bunga yang membawa kesan horor. 
Mitos Dibalik Bunga Kantil Yang Menyeramkan
Bunga Kantil dipercaya sebagai bunga yang disukai kuntilanak dan golongan jin [img src]
Berdasarkan mitos yang berkembang, aromanya kantil yang membuat kuntilanak betah tinggal dan menjadikan pohon kantil sebagai rumah. 


7. Mitos Aroma Melati, Pertanda Kedatangan Makhluk Halus
Mitos Aroma Melati
Jika seseorang tercium aroma bunga melati, mereka dipercaya sedang didatangi oleh Nyi Roro Kidul [img src]

Selain sering ditanam di area kuburan aroma melati yang tiba-tiba tercium dipercaya menjadi pertanda kedatangan makhluk halus, dan sangat disukai oleh ratu Nyi Roro Kidul. 


8. Bunga Sedap Malam, Menangkal Sihir
mitos bunga sedap malam
Bunga sedap malam [img src]

Bunga sedap malam dipercaya mampu menangkal sihir atau santet. Aromanya yang hanya tercium pada malam hari inilah yang menjadi alasan penamaan bunga ini dan semakin menimbulkan unsur horor. Keharuman bunga ini juga dipercaya dapat menenangkan hati di kala perkabungan.


9. Mitos Bunga Kamboja, Memanggil Arwah
mitos bunga kamboja
Bunga kamboja juga menjadi bunga yang mitosnya memiliki unsur magis yang bisa digunakan sebagai ritual pemujaan dan memanggil hantu atau arwah [img src]

Bunga ini juga disebut bunga kuburan karena kebiasaan masyarakat sering menanamnya di pemakaman dan semakin membuatnya terkesan horor.


10. Mitos Bunga Mawar Merah dan Putih, Sarat Bunga Tujuh Rupa
mitos bunga mawar medah dan putih
Dalam beberapa kepercayaan bunga ini dipercaya sebagai pemanggil makhluk halus [img src]

Ternyata Bunga mawar tidak hanya sebagai perlambang cinta. Biasanya bunga ini dicampurkan dengan sesajen lainnya yang tergabung dalam kembang tujuh rupa. 


11. Mitos Bunga Bougenville, Mengundang Keretakan Keluarga
mitos tanaman bougenville
[img src]


Bunga bougenville mitosnya mengundang keretakan dalam rumah tangga. Menurut cerita orang tua dulu, bagi pasangan keluarga yang menanam atau membeli bunga bougenville, bisa-bisa hubungan keluarga mereka tidak kembali harmonis. Percaya atau tidak, mitos tanaman bougenvile ini merupakan mitos yang wajib kamu ketahui. Memang bunga bougenville terlihat cantik dan memanjakan mata bagi mereka yang melihatnya, tetapi perlu juga kamu hindari. 

12. Mitos Bunga Kenanga, Mudah Mendapatkan Jodoh
mitos bunga kenanga
Menanam Bunga ini dipercaya memudahkan jodoh [img src]

Menanam Bunga ini di dalam taman dapat menjadi penangkal ilmu hitam, guna-guna dan sejenisnya untuk melindungi rumah beserta isinya, mudah mendapatkan jodoh bagi anggota keluarga yang belum berkeluarga.

Baca Juga: 10 Mitos & Fakta Makam Dinger Kota Batu

Nah demikian 12 Jenis Tanaman Indonesia yang Sarat Akan Mitos yang sampai sekarang masih dipercaya oleh kebanyakan orang jawa.

7 Menu Buka Puasa Yang Paling Nikmat Dan Wajib Ada !

Menu Buka Puasa Yang Paling Nikmat Dan Wajib Ada - Marhaban ya di bulan Ramadhan, bulan ini umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa. Banyak berkah di bulan ini, selain menahan lapar dan haus umat muslim harus bisa menahan hal-hal yang  bisa membatalkan puasa.

menu buka puasa yang paling nikmat

Ibadah puasa dilakukan mulai dari terbitnya fajar  hingga terbenamnya matahari di barat, kewajiban dalam melaksanakan ibadah tersebut  tak akan lepas dari nikmatnya menu buka puasa, lalu apa menu buka puasa yang paling nikmat untuk di hidangkan?

Berikut 7 menu buka puasa yang paling nikmat dan wajib ada:


1. Kolak Pisang

menu buka puasa  kolak pisang
[img source]
Sudahkan kamu mengetahui tentang kolak? Makanan yang sederhana ini sangat populer di bulan buasa. Isi kolak yang manis dengan tambahan kuah santan yang sangat gurih, cocok sekali bagi lidah masyarakat Indonesia yang suka manis manis. Selain itu, kolak mempunyai aroma yang bakal menggugah selera yakni aroma daun pandan dan kayu manis. Nah, apabila kamu menyantap kolak pisang di bulan puasa, percaya atau tidak menyatap kolak di bulan puasa bakal bikin  momen berbuka semakin tak terlupakan. Pengen coba?


2. Buah Kurma

menu buka puasa buah kurma
[img source]
Buah kurma memang jadi menu andalan saat berbuka puasa. Rasanya yang sangat manis sangat cocok untuk berbuka yang manis-manis. Baginda Nabi Muhammad S.A.W pun berbuka dengan kurma loh, yakni berbuka dengan tiga butir kurma serta segelas air putih. Selain manis dan legit di lidah, buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang diyakini bakal menambah energi kita setelah seharian berpuasa. 

3. Sop atau Sup Sayuran Tidak Bersantan

menu buka puasa sup sayuran
[img source]
Sayur sop merupakan salah satu menu berbuka puasa yang sangat menyegarkan. Sayur sop kaya akan vitamin sayuran, pastinya menu ini banyak akan gizi yang terkandung, mulai dari isi kentang, wortel, makaroni, kubis,bayam dll. 
Terlebih, jika kamu berbuka puasa dengan menyantap sup bayam atau sayuran yang tidak bersantan lainnya, ditambah menu buatan ibu di rumah yang sedang mempersiapkan menu berbuka puasa sayur sop, bakal sangat nikmat dan lengkap banget rasanya. Jadi kangen masakan ibu di rumah.

4. Tahu Tempe dan Perkedel 

menu buka puasa tahu tempe perkedel
[img source]
Tahu tempe sudah menjadi makanan umum bagi masyarakat Indonesia, Ditambah lagi dengan perkedel yang mengadaptasi makanan khas negri kincir angin Belanda. Sejak dahulu ketiga lauk menjadi makanan umum masyarakat Indonesia karena saking gampangnya menemukan ketiga olahan makanan ini.

Beda lagi di bulan puasa, Tahu Tempe dan perkedel merupakan hal wajib ada di menu berbuka puasa. Pasalnya, ketiga lauk pendamping ini selain kaya akan protein nabati dan kabohidrat , ketiga makanan ini menjadikan sumber protein dan kabohidrat bagi keluarga saat berbuka.

5. Es Sup Buah Segar

menu buka puasa sup buah
[img source]
Hidangan yang menyegarkan ini bisa jadi menu berbuka puasa yang sering tersedia di meja makan. Bagaimana tidak, kita bisa membuat es buah atau sup buah segar sendiri. Kita hanya memerlukan beberapa bahan yaitu memotong kecil-kecil buah sesuai keinginan kita kemudian dibumbui kuah sirup dingin plus susu sebagai pelengkapnya. 

Cukup dengan 10 menit saja kira-kira ita bisa mempersiapkan untuk menu sup buah menyegarkan ini. Yakin dan percaya, setelah kamu melahap menu es sup buah segar ini tenagamu akan kembali pulih seketika.

6. Puding

menu buka puasa puding
[img source]
Gerah dan panas akan terasa setelah menjalankan puasa dari pagi hingga menjelang sore. Puding menjadi menu berbuka puasa yang menjadi pilihan karena rasanya yang manis. Selain itu Puding bisa berkhasiat mendinginkan tenggorokan melihat tekstur  puding yang dingin dan lembut, Puding juga bisa menjadi alternatif nikmat di menu berbuka puasa


7. Bukber Bersama Keluarga

menu buka puasa bukber bersama keluarga
[img source]
Bukber atau berbuka puasa bersama dengan keluarga adalah momen paling nikmat serta hal yang selalu dirindukan saat Ramadhan tiba. Bisa berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga merupakan menu terbaik, apalagi saat suasana buka bersama, menu hidangan buka akan terasa nikmat dan lengkap sembari melihat wajah keluarga kita dengan lahapnya memakan. Namun, masih ada sebagian orang yang tidak bisa lagi mencicipi menu paling nikmat ini.  

Baca Juga: 7 Fakta Unik Makanan Yang Enak Jika Beli dan Gak Enak Jika dibuat Sendiri

Itulah, tujuh menu berbuka puasa, semoga di bulan suci Ramadhan ini penuh berkah dan kenikmatan yang berlimpah. Amin. Lalu, menu manakah yang menjadi favorit kamu untuk berbuka sore nanti? Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa share dan beri komentarmu tentang menu berbuka puasa di bawah ini ya.