Friday, December 4, 2015

10 Mitos & Fakta Makam Dinger Kota Batu

author photo

Mitos dan Fakta Makam Dinger - Cagar alam Makam Dinger Kota Batu, banyak menyimpan misteri tentang sosok Tuan Dinger, sehingga bangunan kuno ini pun dinamakan "Makam Dinger". Siapakan Van Dinger ? Penghuni bangunan tua yang disebut dengan makam Dinger, terletak di Desa Tulungrejo-Bumiaji-Kota Batu, Malang Jawa Timur. Siapakah dia?

Berikut 10 Mitos dan fakta tentang Van Dinger :

Sumber: batukota.files.wordpress.com 


1. Ia adalah seorang tuan tanah dimasa penjajahan Belanda yang dipanggil Tuan Dinger.

2.Wilayah otoritas dibawah pimpinan Dinger pada masa kolonial Belanda, di kota Batu bagian utara yang kini dikenal sebagai Dusun Junggo

3. Bangunan tua bersejarah peninggalan zaman Belanda yang di dirikan pada tahun 1917 tersebut mulai rusak. Bangunan kuno tersebut juga mulai retak. Kesan angker semakin terlihat dengan tumbuhnya ilalang, lumut dan rumput di sekitar bangunan.

4. Terdapat kolam kuno di belakang bangunan yang kini hanya menjadi gundukan tanah, dikarenakan tanah di sekitar makam tersebut menjadi milik perorangan, dan oleh pemilik tanah yang baru kolam kuno tersebut dibongkar.

5. Bangunan kuno “Makam Dinger” tersebut dijadikan cagar budaya oleh pemerintah kota Batu. Makam itu telah dilindungi pasal 66 ayat 1 dan 2 tentang larangan merusak bangunan cagar budaya. Untuk kamu yang penasaran dengan wisata berbau mistis di Kota Batu bisa datang ke Dea Bumiaji Kota Batu.

Sumber: shining-batu.com

6. Observasi penggalian makam Dinger akan dijadwalkan Agustus tahun 2015. Tujuan penggalian yaitu untuk melihat dan survey kondisi di bawah tanah Makam Dinger, sekaligus memastikan adanya barang berharga dan temuan lain.

7. Bagian bawah pintu masuk menjadi tempat pembuangan sampah pertanian. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat akan cagar budaya yang sebenarnya sangat perlu dijaga.

8.Sering terlihat penampakan oleh warga yang diduga itu adalah arwah gentayangan dari sosok Tuan Dinger. Selain itu penampakan hantu tanpa kepala juga sering menjadi isu yang hangat dibicarakan warga, penampakan itu terjadi di sekitar bangunan pada malam hari. Siang hari pun bangunan ini akan terlihat angker.

9. Tragedi pembunuhan melibatkan seorang panglima asal Jawa yang membalas dendam untuk perlakuan kejam yang dilakukan oleh Tuan Dinger terhadap rakyat pribumi. Tidak hanya Tuan Dinger dan istrinya yang dipenggal kala itu, Antek-antek yang merupakan darah jawa juga menjadi sasaran si panglima.

10. Sosok Tuan Dinger dikenal sebagai orang yang kejam, tapi memiliki paras yang   tampan.

Sebenarnya Cagar Budaya Indonesia sangatlah banyak yang diyakini masih belum diketahui. Menurut Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kota Batu terdapat  50 lebih cagar budaya di Kota Batu, baik itu berupa situs, bangunan, benda, dan struktur. Termasuk dalam objek wisata bersejarah “Makam Dinger” memiliki struktur bangunan kuno yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Selain bersejarah, kawasan Kota Batu memiliki pesona alam yang sungguh

menakjubkan bukan ?. Ingin melihat langsung ?

Jika kamu sudah pernah berkunjung ke makam Dinger, sertakan foto dan info update dalam kolom komentar. Apabila Artikel ini bermanfaat Jangan Lupa Klik tombol share, bagikan ke teman kamu ya?.

Berikut 10 #Mitos dan #fakta #tentangMakamDinger #CagarAlam #MakamDinger #KotaBatu

This post have 4 comments

avatar
Lourens Dinger delete 12 December, 2015 21:21

As far as my translation goes, your facts are not true. Tuan Dinger was a wealthy owner of plantations and sugar factoren. He and his wife did a lot of good for the local people. Tuan Dinger died in 1917, his wife in 1937. They were reburied in 1956 after the land was sold to the state. Lourens Dinger

Reply
avatar
Syntia Marissa delete 16 December, 2015 12:37

he do good to those who faithfully work to him and it was also in the colonial era. Can you tell and share stories about the death of Dinger and his wife. thanks for reading and commenting, here we will be straighten about history.

Reply
avatar
Cetta Calya delete 12 January, 2016 13:40

Lourens Dinger thanks for your visit :)

Reply
avatar
Hans Skuraeva delete 24 February, 2016 20:48

Mb Cetta, makasih artikelnya Makam Dinger... eh maaf, tapi tidak semua yang ditulis benar.....8) + 9) Tuan Dinger tidak pernah melaku kejam atau jahat kepada rakyat/pribumi. (Dalam bisnis memang kejam kepada pengusaha)...Sebaliknya beliau membantu sering kali orang pribumi...listrik di daerah Toeloengagoeng (perkebunan Mojopanggung dan Kunir) dibayar oleh beliau sendiri.(duite dewe). Pingen liat gambarnya, ngklik situsku: http://www.imexbo.nl/jan-dinger-te-batoe.html (Boso londo)

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement