Tuesday, January 26, 2016

9 Buah Yang Bikin Kita Mabuk Jika Berlebihan

Buah memabukkan - kami akan membahas beberapa buah yang bisa membuat Anda mabuk jika berlebihan mengkonsumsinya. Buah pada umumnya adalah makanan sehat yang mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik, karena bukannya malah memberi manfaat baik tapi sebaliknya. Yuk cek buah apa saja yang malah menjadi racun dalam tubuh. Berikut 9 buah memabukkan jika berlebihan mengkonsumsinya :

1. Durian

Wow durian, durian adalah buah yang paling menggiurkan bukan, begitu buah ini ada di depan mata tentu Anda akan langsung melahapnya, tapi dibuka dulu ya kulitnya?. Terlalu bernafsu memakan buah molek ini akan membuat Anda lupa untuk membatasi jumlah buah durian yang sikonsumsi. Tanpa mengetahui efek samping apabila mengkonsumsi secara berlebihan akan merugikan bagi tubuh.
durian memabukkan



Apakah buah durian memabukkan ? kandungan buah durian yang bersifat senyawa alkohol yaitu ethanol dan methanol. Karena senyawa itu tidak stabil, mudah menguap dan cepat hilang.Sebagian orang beranggapan ketajaman aroma durian dengan kadar alkohol yang terdapat di dalamnya. Jenis, daerah tanam dan tingkat kematangan buah memengaruhi aroma durian, dapat dipastikan bahwa memakan durian tidak akan membuat efek mabuk seperti meminum minuman keras, hanya saja ketika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat efek kembung dan begah pada lambung, disertai mual.



2. Blimbing

Bagi Anda yang sangat menyukai buah segar ini, alangkah baiknya mengetahui khasiat baik buah blimbing. Namun, mengonsumsi terlalu banyak belimbing justru dapat mengakibatkan keracunan. 
 blimbing memabukkan



Gejalanya meliputi muntah, cegukan, tekanan darah rendah, lemas, dan kejang. Dalam kasus ekstrim, keracunan belimbing dapat menyebabkan gagal ginjal. Ini terjadi karena belimbing berperan sebagai depresan pada sistem saraf pusat, seperti halnya alkohol. Alkohol dalam blimbing memang tergolong rendah namun jangan berlebihan ya.



3. Apel

Apel sangat baik untuk kesehatan. Namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan karena akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu, biji buah apel juga mengandung racun sianida alami yang sangat berbahaya bagi tubuh.
apel memabukkan


Tetapi menurut beberapa ilmuwan, kandungan sianida pada biji apel cukup rendah. Dengan memakan biji apel pada satu buah apel memang tidak akan menimbulkan efek sampai kematian efek negatif pada tubuh saat memakan apel Anda akan merasa pusing, mual – mual, dan bekeringat.



4. Ceri

Bagian ceri yang beracun adalah bijinya. Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida. 
buah ceri memabukkan


Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Andal pusing berat, muntah – muntah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila memakan buah ceri, maka buang dahulu bijinya.



6. Kelengkeng

Sebagai obat penenang kandungan fuktosa dalam buah kelengkeng berfungsi untuk mengendurkan syaraf dan memberikan rasa tenang. Fuktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Tak heran, orang menyebut kelengkeng sebagai salah satu obat pengusir gelisah yang alami. Jika rasa gelisah mulai mendera Anda tanpa sebab, Anda tak perlu lagi mencari obat penenang. Mengonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh.
kelengkeng memabukkan

Namun kelengkeng ketika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan diare.


7. Tomat

Tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang. 
tomat memabukkan


Efek keracunan biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.



8. Nangka

Buah nangka merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dan memiliki bau yang khas. Nangka merupakan buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, selain dimakan segar buah nangka sangat populer dipadukan dengan kue atau jajanan jawa seperti roti bolu nangka, kolak, dll. Ternyata buah nangka mengandung racun, yaitu toksin. 
nangka memabukkan

Toksin sangat berbahaya bagi penderita maag. Selain itu getah dari buah nangka juga dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Buah nangka memberikan efek begah jika terlalu banyak dikonsumsi.


9. Murbei

Murbei memang buah yang cantik dan mengiurkan, tetapi buah ini ternyata memiliki racun. Buah murbei dapat menyebabkan sakit perut yang akut. Efek yang ditimbulkan buah Murbei umumnya murbei merupakan jenis makanan untuk penderita maag yang wajib di hindari, karena ia juga dapat menyebabkan sakit perut akut yang berdampak pada penyakit maag semakin parah.
murbei memabukkan


Murbei juga dapat menyebabkan asam lambung naik dengan cepat, jadi ia merupakan makanan untuk penderita asam lambung yang wajib anda hindari.



Itulah 9 buah yang meskipun tidak memabukkan setara dengan minuman alkohol, namun 9 buah di atas akan memberikan efek negatif bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

This post have 5 comments

avatar
Fabio Handi delete 26 January, 2016 16:51

durian selain bikin mabuk bikin panas dalam gan kalo kebanyakan

Reply
avatar
hero satria delete 26 January, 2016 19:05

durian makan kesukaan saya, kalau 1 buah durian makan sendiri belum mabuk, heheheh

Reply
avatar
Yuyun Khasna delete 27 January, 2016 07:05

Iya gan.. klo kbnyakan malah ga bisa nikmat.. :)

Reply
avatar
Yuyun Khasna delete 27 January, 2016 07:08

Saya juga suka bgt sm buah durian gan.. cukup 1, klo lebih nnti mulutnya aja yg bisa trima, tpi efek negatifnya ..

Reply
avatar
Dimas Bangkit Satriawan delete 27 January, 2016 11:47

Suka Banget sama durian, pantesan sering makan durian biasanya langsung pusing hehe makasih infonya gan :D

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement