Tuesday, February 2, 2016

8 Kegiatan Sepele Yang Menjadikanmu Makin Pintar

author photo
Cara menjadi pintar - Siapa bilang menjadi pintar harus belajar sampai botak dulu?Ternyata dengan melakukan hal-hal sepele juga bisa bikin otakmu makin encer. Kesasar, tidur, iseng corat-coret , ngegame bahkan ngelamun. Semuanya terlihat seperti aktivitas yang kurang penting, bukan? 


cara-menjadi-pintar
source


Jangan salah, setiap kegiatan-kegiatan sepele mengandung  suatu hal  membantu kita dalam proses pembelajaran dan Kegiatan-kegiatan sepele tadi ternyata memberikan efek positif bagi kinerja otak kita. Penasaran?  Berikut 8 kegiatan sepele yang menjadikanmu makin pintar:


1. Kesasar Dijalan

cara-menjadi-pintar
source

kesasar merupakan tanda kalau kamu kurang konsentrasi atau tidak fokus memperhatikan petunjuk jalan yang diberikan dengan baik. Tetapi upaya yang kamu kerahkan untuk menemukan jalan kembali ternyata bisa membuat kamu setingkat lebih pintar. Menurut pakar, Janne Piiroinen dari Bit of News,  dengan mencari jalan keluar saat kesasar merupakan cara yang bagus untuk memetakan dunia. Aktivitas ini dapat melatih kecerdasan spasial. 


2. Tidur

cara-menjadi-pintar
source
Dengan cara ini, tidur tidak harus membuatmu jadi malas-malasan dan belajar sampai begadang sangat kurang efektif untuk menempelkan meteri di otak kita. Karena dengan cara tidur, ternyata sangat penting dalam proses pembelajaran. Menurut  Matt Walker, dosen psikologi dan para peneliti di leep and Neuroimaging Laboratory , tidur sebelum dan sesudah belajar berperan penting dalam penyerapan informasi. Sebab saat tidur, otak akan memproses dan memperkuat memori yang dipelajari sebelumnya.


3. Dansa

cara-menjadi-pintar
source

Buat yang hobi dance, kegiatan seperti ini jangan sampai putus. Selain buat tubuh kamu lebih aktif, ternyata aktifitas seperti ini juga bisa menjaga ketajaman otak sampai tua lho.
Manfaat  lain dansa dan menari yaitu menurunkan resiko  dementia. resiko apa sih itu?  resiko yang dapat menyebabkan menurunnya daya ingat  karena faktor usia. 


4. Corat -Coret 

cara-menjadi-pintar
source

Aktivitas corat-coret iseng ternyata membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan dalam belajar lho, tapi jangan corat coret di sembarang tempat ya. Kegiatan ini dibuktikan oleh penelitian Jackie Andrade, dosen psikologi di Plymouth University, Inggris pada tahun 2009. Menurutnya, dengan mencoret-coret bisa mengaktifkan bagian otak yang bertugas merencanakan segala sesuatu, multi tasking, dan berkonsentrasi.


5. Melamun 

cara-menjadi-pintar
source

Terlihat seperti tidak ada manfaatnya  aktifivitas ini. eits  tunggu dulu, melamun di siang bolong ternyata juga punya sisi positif, lho. Aktivitas ini memberikan kesempatan pada dua bagian dalam otak kita untuk aktif secara bergantian, membangkitkan kreativitas, melatih ketajaman otak, serta meningkatkan kinerja memori jangka pendek.
Tetapi perlu kamu ingat, ngelamun yang bermanfaat untuk otak dan tubuh adalah ngelamun yang bersifat positif. Jika apa yang kamu lamunkan adalah pikiran-pikiran negatif, maka efek negatiflah yang kamu dapatkan.


6. Tertawa

cara-menjadi-pintar
source

Tertawa memang cara paling ampuh untuk mengatasi stres. Tertawa merupakan aktivitas yang menyenangan. Menurut penelitian Alice Isen dari University of Maryland ternyata aktivitas sederhana ini bisa membuat pikiran kamu lebih tajam.  


7. Bermain Video Games

cara-menjadi-pintar
source
Walau sering dibilang sebagai sumber rusaknya mental remaja, sebenarnya kalau kita memilih jenis video game yang tepat, permaian ini bisa membuat otak encer lho. Dengan bermain video game bisa meningkatkan daya koordinasi mata dan tangan. 
Video game juga melatih kemampuan kita untuk mengambil keputusan secara tepat di masa-masa krisis atau sulit. Pilih deh game-game yang mengandung unsur strategi, dan kerjasama sebuah tim seperti Dota 2. 


8. Bermain Teka-Teki Silang

cara-menjadi-pintar
source

Bermain TTS  atau biasa disebut Teka-Teki Silang memang terkesan permainan jadul dan hanya cocok untuk para orang tua. Sebenarnya ini permainan yang  benar-benar bisa mengasah otak lho. Dengan bermain Teka-Teki Silang, otak selalu diajak berpikir dan mengingat-ingat hal-hal kecil. Kemampuan kita untuk mengingat pun semakin terasah dengan bermain permainan ini. (source)

Nah itu tadi beberapa  hal sepele dan ternyata bisa membuat kamu lebih pintar, atau bisa dibilang cara menjadi pintar tanpa kita sadari. Mungkin kamu punya pendapat lain tentang hal sepele ternyata menjadikan kita lebih pintar, jangan lupa tulis di kolom komentar ya. 

Baca Juga: 8 Cara Menikmati Pacaran Sehat Kamu 

This post have 2 comments

avatar
Umar As Egar delete 03 February, 2016 13:44

wah baru tau ane min, bermanfaat sekali artikelnya.nice

Reply
avatar
TwD txt delete 04 February, 2016 09:49

wah baru tau aku, perlu banyak tidur ini berrti hehe

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement