by

4 Tips Belajar Matematika dengan Efektif

Belajar matematika memang bikin pusing, apalagi kalau sudah masuk soal-soal logika dan dikemas dengan bentuk cerita, sulitnya kuadrat. Banyak orang yang menghindari matematika karena memang tidak punya passion untuk belajar mendalami matematika, dan alasan kedua karena malas. Ya benar, malas menyebabkan kita tidak mampu untuk berkembang. Malas membuat kita skeptis, bahwa kita tidak akan pernah bisa. Malas membuat kita akan terus menjauhi pelajaran matematika, sampai akhirnya kita menyesal karena mendapatkan nilai yang jelek di pelajaran matematika.

Nah untuk itu, aku disini akan memberikan tips belajar matematika yang bisa membuat kamu tidak malas lagi menghadapi pelajaran matematika. Berikut adalah tipsnya!

  1. Kamu Tidak Perlu Pintar Matematika

Untuk kamu yang memang sulit memahami pelajaran matematika, tidak perlu khawatir. Kamu mungkin memang tidak ditakdirkan untuk jago matematika. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa untuk belajar materi tertentu. Artinya, kamu tidak perlu jago matematika secara keseluruhan, kamu cukup kuasai materi-materi yang menurutmu bisa untuk kamu pelajari.

Jangan terjebak dengan tips ini. Tips pertama tidak mengajarkan kamu untuk meremehkan matematika, tapi justru mengajarkan kamu untuk bisa berpikir simpel dan strategis. Bila hendak menghadapi ujian seperti UN atau SBMPTN, tidak harus bisa semua materi. Yang terpenting kamu bisa paling tidak mengerjakan beberapa soal.

  1. Jangan Belajar Sendiri

Jika kamu merasa sulit belajar matematika sendirian, mintalah tolong kepada teman-temanmu untuk bisa belajar. Belajar bareng membuat kamu jadi lebih semangat, karena kamu tidak sendiri yang bingung dengan pelajaran matematika. Kamu bisa belajar dari nol, dan secara perlahan belajar ke tingkat yang lebih sulit secara perlahan

  1. Sering Latihan Soal

Kalau kamu terus-terusan hanya belajar rumus, ya kamu akan terus berkutat dengan rumus itu tanpa tahu bagaimana jika diaplikasikan ke soal. Maka dari itu, penting untuk terus melatih kemampuan dengan latihan soal-soal matematika, mulai dari soal pendek, hingga soal yang berbentuk narasi atau soal cerita. Catat soal-soal mana saja yang tidak kamu bisa kerjakan untuk bisa di bahas dengan guru di sekolah.

  1. Pakai Bimbel

Ini cara yang terakhir bila tiga cara sebelumnya benar-benar tidak bisa membuat kamu puas dengan hasil kamu belajar matematika selama ini. Bimbel membantu kamu untuk bisa belajar dengan efektif.

Salah satu bimbel yang recommended untuk kamu gunakan adalah ruang guru. Saat ini ruang guru sudah banyak digunakan oleh anak zaman now, itu karena ruang guru menawarkan metode yang modern dan solutif untuk anak-anak millenial. Anak-anak zaman sekarang suka yang anti ribet, full digitalization, dan lebih banyak menggunakan materi audio visual. Ruang guru banyak memberikan fitur belajar yang praktis dan murah dibanding bimbel pada umumnya.

Nah, itu dia beberapa tips agar kamu bisa lebih giat lagi belajar matematika. Tidak ada lagi alasan bahwa kamu tidak jago matematika, itu karena memang kamu tidak diharuskan untuk jago matematika, yang penting kamu bisa dan tidak buta akan seluruh pelajaran matematika.

Semoga dengan tips di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang merasa kesulitan belajar matematika. Semangat!