by

5 Tips Meletakkan Meja Kopi di Ruang Tamu Agar Terlihat Cantik

Menata barang dalam ruang tamu merupakan hal yang paling lumrah dilakukan oleh banyak orang untuk mempercantik rumahnya. Meja kopi bagi ruang tamu adalah komponen yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain fungsinya yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan suguhan saat tamu datang, meja kopi juga berfungsi sebagai wajah dari suatu rumah tangga. Keindahan dalam ruang tamu dapat dilihat dari bagaimana disain unik dari meja kopi itu sendiri

So, ini dia lima tips yang wajib kamu tiru untuk mempercantik ruang tamu favorit!

  1. Mengganti Tema Ruangan Secara Berkala

Mengganti Tema Ruangan Secara Berkala

Sumber : hgtv.com

Mengganti tema ruangan memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebagai point of view dalam ruang tamu, meja kopi merupakan elemen penting dalam mendekor rumah secara musiman. Misalnya saat ingin mengadakan arisan keluarga di rumah, kita bisa memberi tema ruang tamu sesuai dengan trend disain interior saat ini. Misalnya saat akan menjelang lebaran, kita bisa meletakkan dekorasi toples cantik yang  berisi kue lebaran atau bisa menambah hiasan ketupat. Saat menjelang natal pun kita bisa merias meja kopi dengan hiasan berwarna merah dan pernak-pernik emas yang lucu.

  1. Perhatikan Kontras Warna

Perhatikan Kontras Warna

Sumber : hgtv.com

Keindahan meja kopi tidak akan lengkap tanpa paduan warna yang serasi. Cobalah untuk bermain dengan warna-warna pada meja kopi, warna sofa, warna dinding, dan aksesoris yang ada di atas meja kopi. Permainan warna kontras untuk meja kopi akan memberikan kesan ruang tamu yang lebih hidup dan menciptakan suasana yang hangat. Misalnya kita bisa memilih warna coklat, abu-abu, kuning keemasan, biru muda, maupun orange sebagai warna netral muda agar kita dapat dengan mudah menyesuaikan warna lainnya sebagai perpaduan di sekitar lingungan meja kopi.

  1. Pilih Sudut yang Tepat

Pilih Sudut yang Tepat 

Sumber: hgtv.com

Dalam mempercantik keselarasan meja kopi di ruang tamu, kita bisa memilih berbagai sudut yang pas untuk meletakkan meja kopi. Coba lah untuk memilih minimal tiga pertimbangan dalam pilihan sudut peletakkan meja kopi. Pada sisi sebelah kanan, kita bisa meletakkan dua atau tiga buah pajangan untuk menyisakan ruang besar untuk meletakkan makanan, minuman, dan berbagai aneka cemilan untuk tamu yang mengunjungi rumah kita. Sementara di sisi meja kopi yang kosong, sisakan sedikit ruang terbuka agar ketika tamu hadir mereka tidak akan kesulitan menduduki sofa. Dan pastikan agar jarak antara meja kopi dan sofa tidak terlalu jauh sehingga tamu tidak akan kesulitan mengambil sajian di atas meja kopi.

  1. Perahatikan Keseimbangan Tempat

Perahatikan Keseimbangan Tempat

Sumber: hgtv.com

Keseimbangan tempat yang perlu diperhatikan ialah bagaimana kamu meletakkan berbagai barang di atas meja kopi. Jika kamu suka meletakkan banyak barang di atas meja kopi, ada baiknya kamu menata barang sesuai dengan ukurannya untuk menjaga tampilan meja kopi agar tetap seimbang. Kamu bisa memulainya dengan mengelompokkan barang dengan jenis dan ukuran yang sama serta lihat berbagai variasi barang agar lebih terlihat cantik dan memberi kesan tidak berantakan.

  1. Perhatikan Tinggi Rendahnya Sudut

Perhatikan Tinggi Rendahnya Sudut

Sumber : hgtv.com

Setelah menentukan keseimbangan di atas meja kopi, saatnya kita perhatikan bagaimana peletakkan barang tersebut tidak monoton. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan semua komponen di atas meja kopi untuk menarik perhatian tamu yang akan berkunjung.

News Feed