by

Berikut Beberapa Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Dokter Spesialis Fisioterapi

Dokter spesialis fisioterapi adalah salah satu dokter yang menangani proses merehabilitasi seseorang dengan tujuan untuk menghindarkan cacat fisik melewati serangkaian proses pencegahan, diagnosis sekaligus penanganan untuk menangani masalah gangguan fisik yang terjadi tubuh seseorang yang diakibatkan oleh cedera atau suatu penyakit. Proses fisioterapi tersebut dapat dilakukan pada semua usia, seperti contohnya yaitu untuk menyembuhkan sakit punggung, untuk persiapan olahraga sekaligus untuk persiapan persalinan.

Fisioterapi dilakukan untuk menyembuhkan tubuh seseorang agar terhindar dari penyakit atau cedera sekalipun cedera permanen. Fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut. Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui bagaimana cara dokter fisioterapi akan bertanya bagaimana dan upaya apa saja yang dilakukan dokter tersebut melakukan perawatan. Pada dasarnya pengobatan dengan dokter spesialis membutuhkan kedisiplinan dan keterlibatan pasien secara aktif.

Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa sembuh dengan ahli kesehatan fisioterapi:

  • Gangguan sistem saraf

Gangguan sistem saraf yang dapat ditangani dengan fisioterapi adalah stroke, serta penyakit parkinson yang bisa menyebabkan adanya gangguan pada tubuh. Seperti contohnya yaitu susah bicara, susah untuk gerak dan sekaligus menurunnya kinerja pada tangan.

  • Gangguan yang terjadi pada otot kerangka tubuh

Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan neuromuskuloskeletal atau gangguan yang terjadi pada otot yang ada di kerangka tubuh seperti nyeri punggung, nyeri otot serta cedera karena olahraga. Selain itu juga bisa disebabkan karena pemulihan pasca operasi yang terjadi pada otot dan tulang yang memerlukan tindakan fisioterapi.

  • Penyakit kardiovaskular

Gangguan ini terjadi jantung serta pembuluh darah yang dapat dibantu dengan tindakan fisioterapi seperti penyakit jantung yang sudah kronis serta proses rehabilitasi pasca serangan jantung.

  • Ganguan pada pernapasan

Beberapa penyakit pernapasan yang dapat disembuhkan dengan fisioterapi antara lain seperti asma, paru obstruktif kronik serta cystic fibrosis. Terapi tersebut dilakukan dengan melakukan serangkaian tindakan yang berfungsi untuk mengatur sistem pernapasan agar lebih baik sekaligus mengontrol berbagai gejala seperti batuk serta sulit bernafas.

Memiliki riwayat suatu penyakit memang akan membuat Anda tidak nyaman untuk bisa melakukan aktivitas setiap hari. Maka dari itu, kesehatan memang hal utama yang perlu Anda perhatikan. Dimulai dari hal-hal kecil seperti mengatur pola makan dan pola tidur akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Terlebih bagi Anda yang memang mempunyai riwayat penyakit kronis seperti jantung, pola hidup sehat dan pola makan adalah kunci utama Anda agar jantung dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak bisa mengatur dan mengontrol pola makan tidak menutup kemungkinan kejadian fatal seperti kematian bisa datang pada Anda kapan saja.

Orang-orang pasti berfikir bahwa untuk bisa konsultasi dengan pakar kesehatan yang menangani masalah fisioterapi akan membutuhkan banyak biaya. Tidak bisa dipungkiri memang butuh biaya lebih untuk bisa konsultasi dan mendapatkan tindakan fisioterapi. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk datang dan konsultasi dengan ahli fisioterapi siapkan dana yang lebih sehingga nanti akan mempermudah Anda kedepannya.

Memilih dokter spesialis fisioterapi memang tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan, ada banyak sekali hal yang perlu Anda perhatikan sehingga Anda bisa mendapatkan dokter yang tepat dan memperoleh pelayanan kesehatan yang maksimal. Namun yang perlu Anda ingat bahwa keberhasilan dari tindakan fisioterapi tidak hanya bergantung pada kemampuan dokter saja, namun keterlibatan dan keaktifan pasien yang sangat diperlukan.

News Feed