by

Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Masalah penyakit yang berhubungan dengan darah banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi yang banyak orang juga mengalami penyakit yang satu ini. Tekanan darah tinggi dapat dialami oleh pria maupun wanita dan bisa terkena dari umur berapa saja. Tidak hanya orangtua yang selama ini dikenal lebih mudah menderita darah tinggi, tetapi juga banyak anak muda yang bisa untuk menderita hipertensi apabila terdapat keturunan yang menyebabkannya mempunyai tekanan darah tinggi. Penyakit hipertensi sendiri dapat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, stroke, dan penyakit lainnya. Sehingga apabila Anda menderita hipertensi sebaiknya melakukan pola hidup sehat agar tidak membuat hipertensi menjadi jauh lebih berbahaya. Salah satu upaya untuk melakukan hal itu adalah dengan menghindari makanan yang dapat membuat hipertensi menjadi kambuh dan semakin parah. Misalnya saja beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah:

  • Makanan asin

Jenis makanan pertama yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi adalah yang mempunyai rasa asin dan terlalu banyak garam. Dimana sangat penting untuk penderita hipertensi untuk membatasi konsumsi garam karena akan membuat hipertensi menjadi kambuh. Terlalu banyak garam akan membuat tekanan darah mempunyai penyempitan arteri. Sehingga dengan banyak asupan natrium dapat untuk merusak arteri yang menghubungkan ke jantung. Batas normal untuk penderita hipertensi mengkonsumsi garam sendiri setidaknya hanya 2,3 milligram dalam sehari.

  • Makanan kaleng

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari selanjutnya adalah makanan kaleng seperti kacang, tomat rebus, sup, dan juga mie yang sudah jadi. Makanan tersebut akan lebih baik untuk dibatasi konsumsinya dan juga bahkan harus dihindari karena mempunyai kandungan garam yang lumayan banyak. Garam memang digunakan sebagai salah satu bahan pengawet alami untuk membuat makanan kaleng menjadi tahan lama. Oleh karena itulah sebaiknya hindari atau batasi pengonsumsian makanan kaleng. Anda masih bisa untuk mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah dengan kandungan garam yang masih terkontrol.

  • Makanan manis

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi selanjutnya adalah makanan manis. Makanan yang mengandung banyak gula dalam jumlah besar baik dengan gula alami maupun buatan. Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan dapat untuk menambah berat badan dengan lebih mudah karena kalori ekstra yang dimilikinya. Sedangkan untuk penderita hipertensi, gula dapat untuk meningkatkan obesitas yang menjadi salah satu hal yang membuat tekanan darah tinggi naik.

  • Acar

Bahan makanan selanjutnya yang dapat untuk membuat hipertensi adalah acar yang disukai oleh banyak orang. Rasa acar memang lezat dan bisa digunakan untuk tambahan makanan. Tetapi acara yang mempunyai kandungan natrium yang tinggi akan membuat peningkatan tekanan darah. Sehingga hal tersebut memang tidak baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Apabila ingin mengkonsumsi acar sebaiknya memilih acar yang mempunyai jumlah rendah sodium gula sehingga tidak akan membuat tekanan darah meningkat.

  • Makanan olahan

Dan jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi adalah makanan olahan. Makanan olahan yang ada dan bisa didapatkan seperti daging sapi, ikan, sosis ayam, nugget, hingga kentang goreng memang merupakan makanan yang lezat dan mudah untuk dimasak. Tetapi makanan beku yang mudah diolah ini mempunyai kandungan natrium tinggi yang digunakan untuk pengawet. Oleh karena itulah sebaiknya hindari makanan beku atau makanan olahan agar membuat kondisi tingkat tekanan darah tetap normal.

News Feed