by

Cara-cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Sampah Plastik

Sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah pencemaran lingkungan terbesar di dunia. Hampir seluruh dari masalah dan kerusakan yang ada disebabkan karena banyaknya sampah plastik yang terbuang begitu saja tanpa adanya pengelolaan yang baik.

Meskipun awalnya plastik sangatlah populer dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai media untuk membawa barang belanjaan dari supermarket namun saat ini penggunaannya sudah mulai dilarang dan berkurang secara drastis.

Meskipun daur ulang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir, saluran air dan ekosistem, hanya beberapa jenis plastik yang dapat didaur ulang oleh sebagian besar pemerintah kota.

Fraksi yang dapat didaur ulang masih membutuhkan banyak energi dan air, hal ini bukanlah proposisi yang baik untuk barang sekali pakai. Sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir dan lautan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, dan ada kekhawatiran yang meningkat tentang racun yang dilepaskannya ke lingkungan.

Namun dalam kehidupan modern kita, plastik mengelilingi kita dan memotongnya bisa terasa menakutkan. Berikut ini beberapa cara yang sangat mudah untuk memulai.

  • Bawalah tas belanja sendiri

Kegunaan tas tipis dan mudah robek ini sangat terbatas, namun menurut Badan Perlindungan Lingkungan, hingga satu triliun kantong plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia.1 Meskipun gratis bagi pembeli, tas ini memiliki biaya lingkungan yang tinggi. dan merupakan salah satu bentuk sampah yang paling banyak ditemukan di mana-mana.

Membawa tas lingkungan kamu sendiri adalah hal biasa tetapi nasihat lingkungan yang baik, nasihat yang sangat baik bahwa beberapa pemerintah menerapkan kebijakan untuk mendorong orang melakukannya.

Bahkan, tas belanja sekali pakai atau kantong plastik sekali pakai telah dilarang penggunaannya di beberapa kota di Indonesia.

Selain tas jinjing yang lebih besar, kamu juga dapat mengurangi limbah dengan membawa tas produk yang dapat digunakan kembali atau melewatkannya sama sekali.

Bahkan apabila kamu mempunyai banyak pembungkus plastik yang sudah tidak dipakai maka kamu masih bisa mengubahnya untuk menjadi sebuah tas daur ulang dengan mudah. Kumpulkanlah plastik tersebut dalam jumlah yang banyak agar menyerupai sebuah tas dan jahitlah dengan menggunakan benang. (1)

  • Bawalah termos kamu sendiri ke kedai kopi

Untuk tips yang satu ini, mungkin cukup cocok untuk kamu yang cukup sering mengkonsumsi kopi atau bahkan penggemar nongkrong di coffee shop.

Berbicara tentang isi ulang, membawa termos kamu sendiri untuk dibawa pergi kopi adalah cara lain untuk mengurangi jejak plastik kamu.

Cangkir kopi sekali pakai mungkin terlihat seperti kertas tetapi biasanya dilapisi dengan polietilen, sejenis resin plastik. Secara teori, bahan-bahan ini dapat didaur ulang, tetapi kebanyakan tempat kekurangan infrastruktur untuk melakukannya.

 Lalu ada tutup, pengaduk, dan penjaja kopi yang masih menggunakan cangkir busa polistirena – yang semuanya bisa dihindari dengan mug kamu sendiri. (1)

  • Pilih karton di atas botol dan tas plastik

Secara umum, lebih mudah mendaur ulang karton daripada plastik, plus produk kertas cenderung lebih mudah terurai tanpa menambahkan banyak bobot pada produk seperti halnya gelas atau aluminium.

Kamu juga bisa memeriksa dari mana brand produk yang kamu beli mendapatkan sumber kardusnya secara berkelanjutan karena menghindari deforestasi. (1)

  • Membiasakan Diri Untuk Memasak Sendiri di Rumah

Siapa yang mengira bahwa dengan membiasakan diri untuk memasak sendiri makanan di rumah bisa mengurangi penggunaan plastik.

Tempat makan yang disediakan oleh restoran umumnya berbahan dasar plastik HDPE. Agar kamu bisa mengurangi penggunaan plastik maka kamu bisa belajar memasak makanan kamu sendiri tanpa harus jajan di luar.

  • Membeli Barang dalam Kemasan yang Lebih besar Untuk Waktu yang Lama

Dengan mengganti barang belanjaan kamu dengan ukuran yang lebih besar bisa membuat kamu menghemat plastik pembungkus dari barang tersebut.

Apabila kamu biasanya membutuhkan 2 buah deterjen ukuran kecil untuk dua bulan maka kamu bisa menggantinya dengan 1 buah deterjen berukuran besar dan dengan masa pakai yang lebih lama. (2)

  • Merubah Botol Plastik Menjadi Tempat Alat Tulis

Botol plastik bekas juga bisa Anda ubah dengan mudah untuk menjadi tempat alat tulis. Cukup dengan memotongnya menjadi setengah bagian maka Anda bisa mendapatkan sebuah tempat alat tulis yang bermanfaat. (2)

  • Batasi pembelian online

Barang-barang yang dikirim ke rumah Anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan membatasi pembelian online. Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag – tanpa kantung plastik.

Bicara tentang sampah plastik, AQUA yang merupakan merek warisan indonesia, selalu berupaya untuk membawa kebaikan bagi masyarakat dengan berinovasi dalam mempromosikan hidrasi sehat dan juga melestarikan alam kita serta melayani masyarakat melalui perlindungan sumber daya air, meminimalisir karbon emisi dan memelopori daur ulang kemasan.

Lewat upaya ini, AQUA meluncurkan komitmen #BijakBerplastik sebagai langkah untuk mengajak kamu semua lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya adalah dengan mengurangi sampah plastik. Jadi, yuk terapkan tips-tips di atas, untuk bumi kita yang lebih sehat!

  1. https://www.treehugger.com/easy-ways-reduce-your-plastic-waste-today-4858814
  2. http://www.greeneducationfoundation.org/nationalgreenweeksub/waste-reduction-tips/tips-to-use-less-plastic.html

News Feed