Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Wifi

Teknologi9 views

Masih ada informasi mengenai cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang bisa kamu dapatkan pengetahuannya disini. Masih seputar di bidang teknologi. Dimana ada jaringan Wifi yang bisa digunakan untuk internetan.

Wifi sendiri sudah umum saat ini sebagai jaringan internet yang dipasang di berbagai tempat. Mulai dari perkantoran, rumah, taman terbuka, dan lain sebagainya. Wifi juga semakin murah biaya pemasangannya, sehingga tidak heran makin banyak orang memasangnya.

Namun dalam proses penggunaannya sehari-hari, Wifi juga tidak luput dari masalah. Salah satu masalahnya, yaitu autentikasi yang dapat terjadi pada saat menuliskan atau mengetikkan password. Kamu pernah merasakannya? Jika iya, ketahui dulu cara mengatasinya berikut.

Apa Itu Autentikasi Wifi?

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah autentikasi Wifi, kamu harus memahami dulu apa itu autentikasi. Selain itu, apa kaitannya autentikasi dengan jaringan Wifi. Apakah keduanya bisa diatasi dengan mudah atau tidak?

Disini akan dijelaskan satu per satu secara gamblang. Dimulai dari autentikasi adalah sebuah cara memasukkan password atau kata sandi pada suatu sistem untuk dapat memulai kegiatan tertentu. Autentikasi dapat diterapkan di segala bidang kehidupan manusia.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Wifi yang Efektif

Kamu sudah mengetahui beberapa penyebab gagal autentikasi yang bisa menimpa siapa saja. Terutama para pengguna Wifi di seluruh Indonesia. Selanjutnya, kamu harus mengetahui cara mengatasi masalah tersebut agar bisa dicarikan solusinya.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang bisa kamu praktikkan saat mengalaminya sendiri. Lalu, apa saja caranya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut selengkapnya dari majalah ponsel:

1. Forget Network atau Lupakan Jaringan

Solusi pertama saat gagal autentikasi adalah Forget Network. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika memilih Forget Network, yaitu sebagai berikut.

  • Pilih menu Setting atau pengaturan di gadgetmu, lalu klik Koneksi.
  • Setelah muncul halaman koneksi, kamu pilih Wi-fi. Lalu, pilih nama jaringan yang dihubungkan. Kamu pilih saja Network Forget atau lupakan jaringan.
  • Selanjutnya, password akan tersimpan secara otomatis saat direset. Kamu bisa coba memasukkan passwordnya lagi.

2. Airplane Mode

Cara mengatasi masalah autentikasi Wifi yang kedua, yaitu menggunakan Airplane Mode. Dimana kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan mode tersebut. Fitur Airplane ada di semua smartphone berbasis Android apapun mereknya.

Adapun caranya yang bisa kamu praktikkan, yaitu sebagai berikut.

  • Masuk ke bagian Setting atau pengaturan di smartphone milikmu.
  • Setelah itu, kamu klik menu Koneksi dan pilih Airplane Mode atau mode terbang.
  • Kamu juga dapat masuk melalui Notification Bar, lalu mengklik Mode Terbang. Setelah Airplane Mode diaktifkan, kamu dapat coba melakukan autentikasi lagi di jaringan Wifi.

3. Merestart Modem Router Wifi

Cara ketiga yang bisa kamu praktikkan saat gagal autentikasi, yaitu merestart modem router Wifinya. Cara ini sangat sederhana dan mudah melakukannya. Pasalnya, kamu hanya mematikan modemnya, lalu menghidupkan kembali dengan prosedur restart yang benar.

Setelah modem menyala lagi, kamu dapat coba memasukkan password Wifi lagi dan biasanya berhasil. Dengan catatan, tidak ada masalah berarti pada modem atau bagian autentikasinya. Selain modem router, kamu juga dapat merestart perangkat gadget atau smartphonenya.