by

Cara Mengecek Raket Bulu Tangkis Agar Nyaman Pada Saat Digunakan

Sama seperti pemain bola yang mempunyai sepatu bola pribadinya masing-masing, atlet bulu tangkis profesional juga mempunyai koleksi raket bandminton mereka sendiri.

Nah disini, kesalahan yang biasa dilakukan oleh banyak pemain bulu tangkis amatir merupakan mengikuti pilihan raket idolanya. Mungkin Kamu tertarik membeli raket yang sama dengan pemain badminton idola Kamu karena melihat ia bisa menghasilkan smash yang begitu dahsyat.

Padahal, pemain badminton profesional tidak sembarangan menggunakan raket. Spesifikasi raket yang idola kamu miliki sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemahiran tekniknya untuk mendukung performanya. Di sini, atlet profesional juga sudah melewati banyak sekali program latihan khusus untuk membiasakan dan melatih diri dengan penggunaan raket yang lebih berat.

Sembarangan pakai raket yang berat tidak hanya bisa menghambat kelancaran permainan Kamu, tapi juga bisa menyebabkan cedera pergelangan tangan atau bahkan bahu saat melakukan pukulan. Maka, cocokkan spek raket pilihan dengan kebutuhan dan kondisi fisik Kamu saat ini.

Cek bentuk kepala raket

Selain harus memilih beratnya, Kamu juga harus bisa memilih bentuk raket yang ideal untuk permainan Kamu. Ada 2 macam kepala raket badminton adalah yang berbentuk kotak atau isometrik dan berbentuk oval atau konvensional.

Perbedaannya ada di ‘sweet spot’ nya. Sweet spot merupakan area di kepala raket yang akan memberi kekuatan maksimal jika pantulannya tepat mengenai titik tersebut. Pada saat ini lebih banyak raket dengan bentuk isometrik dibandingkan konvensional karena memberikan pantulan yang lebih baik.

Perhatikan bentuk batang raket

Biasanya batang raket badminton merupakan dari jenis fleksibel, sedang, kaku, dan ekstra kaku. Batang raket biasanya dipilih berdasarkan kecepatan ayunan pemainnya. Seorang atlet bulu tangkis profesional biasanya mempunyai teknik yang terjamin handal sehingga kecepatan ayunannya lebih cepat.

Itu yang menyebabkan banyak pemain bulu tangkis pro yang menggunakan batang raket kaki atau ekstra kaku. Batang yang kaku agar bisa menunjang gerakan tangan dan kekuatan ayunan dari para pemain profesional agar dapat menghasilkan performa yang bagus. Varian ini juga bisa memberikan pantulan kok yang lebih cepat.

Dan bagi pemain pemula yang kemampuan ayunannya belum cukup terasa, lebih direkomendasikan agar menggunakan raket dengan batang fleksibel. Kamu juga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga untuk mengayun dan menggerakkan raket dengan batang raket fleksibel. pilihan yang baik untuk pemula karena juga dapat digunakan untuk berlatih teknik mengontrol ayunan, memukul, dan menangkis disebut dengan Batang raket fleksibel.

Cek ukuran pegangan raket

Seperti biasanya berat raket secara keseluruhan, ukuran pegangan raket juga bermacam-macam. Biasanya ukuran ini akan tertulis sebagai huruf G pada bagian handle raket dalam satuan inci bersama dengan ukuran berat raket.

  • G1: 4 in
  • G2: 3.75 in
  • G3: 3.5 in
  • G4: 3.25
  • G5: 3 in
  • G6: 2.75

Kebanyakan raket tersedia dalam ukuran G5 dan G4. Jika Kamu tidak mengetahui berapa ukuran genggaman Kamu yang pas, sebaiknya pilih ukuran yang paling kecil yang tersedia. Dari sini juga, Kamu bisa menyesuaikan dengan ukuran yang lebih besar jika Kamu merasa kekecilan dan tidak nyaman saat digenggam.

Itulah informasi tentang Cara Mengecek Raket Bulu Tangkis Agar Nyaman Pada Saat Digunakan dan kamu juga bisa lihat tentang raket yonex terlengkap. Semoga bermanfaat bagi semuanya terutama bagi yang suka berolahraga bulu tangkis atau badminton.

News Feed