by

Domo Daily Berita Otomotif Mobil Motor Terbaru

Melakukan perawatan terhadap bagian wiper mobil, merupakan suatu keharusan. Tanpa merawatnya dengan baik, maka wiper mobil tidak dapat berfungsi dengan optimal. Tapi, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat wiper .

Padahal, terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan. Entah dengan merawatnya secara mandiri atau membawanya ke bengkel yang berkualitas. Biasanya, terdapat beberapa bengkel yang akan membantumu merawat wiper mobil sekaligus merawat seluruh komponen mobil dengan sangat baik.

Wiper, mungkin merupakan komponen yang jarang diperhatikan. Padahal, fungsinya sangat bermanfaat, yakni untuk menjaga visibilitas kaca depan ketika mengendarai mobil di kondisi hujan deras. Selain membersihkan air hujan yang menghalangi pandangan, debu yang mungkin masih menempel juga bisa ikut dibersihkan.

Lantaran fungsinya inilah, kamu wajib mengetahui cara merawat wiper. Dengan merawatnya, tentu saja wiper bisa membersihkan kaca depan mobil dengan sangat baik. Visibilitasnya bisa terjaga dan tentu saja akan membuat berkendara ketika hujan jadi lebih aman.

Terdapat sekian risiko jika kamu tidak merawat wiper mobil. Kalau kinerjanya kurang optimal, bisa-bisa visibilitas saat hujan jadi berkurang karena tidak bersih sepenuhnya dari air hujan. Air hujan, biasanya membuat kaca depan jadi lebih buram. Kalau wiper tidak bekerja optimal, ditakutkan terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Selain itu, kalau kamu tidak tahu bagaimana cara merawat wiper mobil, kemungkinan besar kaca depan mobil jadi mudah lecet atau tergores. Tentu saja, merawat wiper akan lebih murah dibandingkan jika kamu harus mengganti kaca mobil karena lecet atau tergores. Kamu juga bisa melihat berita otomotf lainnya di Domo Dailly.

Cara Merawat Wiper Mobil

Terdapat sejumlah cara merawat wiper mobi yang bisa kamu lakukan. Harap perhatikan dengan cermat dan lakukanlah secara rutin agar kualitas dari wiper mobilmu bisa terjaga. Dengan begitu, fungsi utama dari wiper bisa didapatkan secara maksimal.

Berkendara jadi lebih aman dan nyaman ketika kamu memiliki wiper mobil yang kualitasnya terjaga. Berikut ini beberapa caranya tentang Otomotif mobil:

Jauhkan dari Terik Matahari

Cara merawat wiper mobil yang pertama, adalah dengan menjauhkannya dari terik sinar matahari. Kalau kamu terlalu lama menjemur mobil ketika matahari sedang terik-teriknya, maka wiper yang ada bisa mengalami kerusakan yang lebih cepat.

Pasalnya, sinar matahari akan membuat karet pada wiper lebih cepat mengeras. Hasilnya, tentu saja wiper tidak dapat bekerja optimal ketika menyapu air lantaran karet yang merupakan komponen utamanya mengalami pengurangan elastisitas.

Mengisi Ulang Cairan Wiper secara Rutin

Cara merawat wiper mobil yang kedua, yakni dengan mengisi ulang cairan wiper secara rutin. Cairan wiper yang diisi ulang, harus memperhatikan volume atau kuantitasnya. Tabung tempat cairan tersebut juga harus dibersihkan saat ada endapan kotor di dalamnya. Silakan membersihkannya dengan air biasa, cairan kimia, atau sabun agar dapat membersihkan kaca lebih optimal.

Mengangkat Wiper ketika Parkir di Bawah Terik Matahari

Cara merawat wiper mobil lainnya adalah dengan mengangkat wiper saat parkir di bawah terik matahari. Kalau kamu memang mau tidak mau harus memarkirnya di bawah terik matahari, jangan pernah lupa untuk mengangkat wiper. Utamanya pada wiper yang ada di bagian kaca depan.

Tujuan mengangkat wiper kaca depan yakni tentu saja untuk menjaga elastisitas dari karet Cara Merawat Wiper Mobil di Cirebon dan agar tidak membuatnya lebih mudah kendor ataupun mengeras. Pasalnya, kaca yang panas memang tidak baik untuk wiper dan bisa membuat karet wiper lebih mudah rusak dibandingkan ketika diangkat.