Inilah Beberapa Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Gaya Hidup16 views

Anak-anak yang menutup mulut dan menolak makan sering kali membuat orang tua kebingungan. Jangan sampai anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat mogok makan atau memilih-milih makanan. Karena itu, penting untuk mencari tahu cara menambah nafsu makan anak.

Nafsu makan seseorang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin akan meningkatkan nafsu makan, sedangkan hormon leptin berfungsi menurunkan nafsu makan dan menghambat rasa lapar. Hormon ghrelin akan dilepaskan di perut yang kemudian memberi sinyal lapar pada otak.

Cara Mudah Menambah Nafsu Makan Anak

Kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain adalah stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau adanya kondisi medis tertentu. Cara mengatasinya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya.

1. Hindari tindakan memaksa

Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena merasa khawatir justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

2. Buat tampilan makanan yang menarik

Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba kombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, dan sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

3. Goda dengan aroma makanan

Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui aroma makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.

4. Bagi dalam porsi kecil

Satu piring penuh dengan makanan bisa menurunkan nafsu makan. Siasati dengan membaginya menjadi porsi yang lebih kecil untuk disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil juga akan lebih mudah disiapkan.

5. Ciptakan kreasi makanan unik dan baru

Memberikan makanan yang sama setiap harinya dapat membuat Si Kecil bosan dan mungkin menolak makanan tersebut. Untuk menyiasatinya, coba ciptakan aneka makanan dengan kreasi unik dan beragam.

Hal ini tidak hanya akan menumbuhkan rasa penasarannya untuk mencoba makanan baru, namun juga melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan Si Kecil.

6. Batasi minuman saat makan

Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah cepat kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Berikan air putih, jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan.

7. Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Ajak anak-anak belanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat saat makan.

8. Konsultasikan ke dokter

Jika gangguan nafsu makan terjadi berlarut-larut, konsultasikan kondisi tersebut ke dokter. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap.

9. Pediasure, Nutrisi dan Susu Penambah Nafsu Makan yang Tepat

Memberikan nutrisi yang tepat untuk bantu menambah nafsu makan si Kecil juga perlu diperhatikan. Tidak sedikit orang tua yang memberikan suplemen vitamin tambahan untuk dapat tetap memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil. Beberapa contoh nutrisi yang diperlukan antara lain Vitamin A, B Kompleks, C, dan Vitamin D.

Rekomendasi susu penambah nafsu makan yang pertama yaitu PediaSure Complete, yang kini telah berganti nama menjadi PediaComplete, mungkin direkomendasikan oleh dokter spesialis anak, untuk dukung nutrisi harian bagi si Kecil yang sedang kejar tumbuh. Untuk informasi lebih lanjut seputar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, Ibu dapat mengunjungi halaman produk PediaComplete, serta pastikan untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak kesayangan si Kecil dan keluarga.