by

Jalur Darat atau Laut, Tractor ini Mampu Mengangkut Bongkar Muat Lebih Efisien

Truk merupakan angkutan darat yang cukup diandalkan dalam perindustrian. Secara umum, terdapat dua jenis truk, tractor head dan rigid. Tractor head merupakan jenis truk yang hanya berbentuk kepala atau cab saja. Bila anda memiliki truk Indonesia terbaik menurut penilaian anda, anda dapat menambah angkutan niaga dengan tractor head yang bisa didapatkan di distributor tractor head Mitsubishi. Akan tetapi, tractor head belum dapat digunakan untuk mengangkut barang, dibutuhkan trailer tambahan. Trailer ini bisa berbentuk flat deck, wing box, atau bentuk lain seperti car carrier. Jenis tractor head paling sering digunakan untuk mengangkut peti kemas. Lalu bagaimana awal mula sektor industry menggunakan peti kemas dalam mengangkut barang?

Pelayaran menggunakan peti kemas dinilai masih baru, namun gagasan ini sudah ada sejak abad ke-18. Pada Perang Dunia ke-2, Pemerintah Amerika Serikat sudah mulai menerapkan pengiriman menggunakan peti untuk suplai kebutuhan logistik perang. Penggunaan peti kemas saat itu, walaupun belum mirip seperti peti kemas modern dinilai jauh lebih efisien dalam proses bongkar muatnya. Kemudian pada tahun 1955, seorang pengusaha truk dari North Carolina, AS, menggagas sebuah ide bagaimana cara  mengangkut barang dengan menggunakan truk dari tempat asal ke kapal tanpa proses pembongkaran barang dari dalam truk tersebut sebelum dimuat ke kapal, sebab akan lebih efisien, cepat dan sederhana jika yang dibongkar seluruh truk atau peti yang berisi barang tanpa membongkar isinya. Peti kemas dalam gagasan pengusaha ini harus berukuran yang bisa diangkut oleh alat transportasi baik truk, kereta api, ataupun kapal laut. Jadi, peti kemas memang dirancang untuk sistem multi-moda, yaitu untuk pengiriman barang dengan menggunakan lebih dari dua moda transportasi. Di laut menggunakan kapal peti kemas, sementara di darat bisa menggunakan truk atau kereta api.

Sejak saat itu, peralatan transportasi, terutama kapal laut mulai dirancang untuk pengangkutan peti kemas. Berkembangnya zaman akhirnya mendorong transportasi darat untuk didesain agar bisa mengangkut peti kemas. Demikian juga dengan sejumlah alat bongkar muat lainnya.

News Feed