Keunggulan Sablon Superwhite Dalam Menghasilkan Kaos Sablon yang Lembut

Sablon Baju84 views

Banyak orang yang memilih kaos sablon sebagai pilihan untuk membuat kaos seragam. Bagi orang awam mungkin masih bingung dengan jenis sablon salah satunya superwhite. Sablon superwhite merupakan jenis sablon yang bagus dengan hasil sablon yang tidak terlalu putih. Khususnya apabila dicetak pada kain yang berwarna gelap, dengan permukaan yang terasa lembut dan lebih nyaman dengan kainnya. Tidak seperti jenis sablon lainnya yang hasil cetak sablonnya menempel pada permukaan kain. Sablon superwhite memiliki tinta akan meresap dengan baik di dalam pori pori dan serat kain.

Sablon superwhite adalah sebuah modifikasi dari supplier tinta yang menginginkan hasil yang hampir sama dengan pigment. Akan tetapi sablon superwhite ini bisa diaplikasikan pada kain yang berwarna gelap. Sedangkan tinta sablon pigment lebih cocok digunakan pada kain yang berwarna terang. Superwhite sendiri adalah salah satu jenis sablon yang bisa diaplikasikan untuk berbagai desain Sablon Baju Makassar. Sebelum menggunakan sablon ini pada desain kaos, anda perlu untuk mengenali bagaimana karakteristiknya.

Mempunyai Desain Warna yang Bagus

Superwhite merupakan jenis sablon yang cocok untuk digunakan pada kaos bertema vintage. Dimana kaos tersebut memiliki desain dengan warna solid. Sablon superwhite lebih baik apabila di cetak menggunakan screen yang memiliki kerapatan di atas T77. Yang mana  sifat dari sablon superwhite yang tidak bisa menempel di kain screen, sehingga membuat sablon superwhite bisa menggunakan screen yang tingkat kerapatannya tinggi. Hal tersebut tentunya membuat hasil percetakan tidak terlalu tebal dan sesuai dengan hasil akhir sablon superwhite. Dengan hasil yang tipis nyaris tidak terasa pada tangan ketika di sentuh permukaan kaos sablon.

Teknik Sablon yang Manual

Perlu untuk diketahui bahwa tinta superwhite ternyata hanya dikhususkan untuk digunakan pada teknik sablon manual. Tinta super white memiliki kemiripan dengan tinta sablon rubber dimana keduanya terdiri dari jenis color dan white. Untuk sifat dari tinta superwhite sendiri cenderung lebih mirip dengan tinta extender. Sehingga sangat cocok diterapkan pada kain yang meemiliki bahan bersifat transparan. Penggunaan tinta superwhite bisa diterapkan pada permukaan jenis bahan yang memiliki warna gelap. Karena sablon superwhite memang dirancang untuk penggunaan sablon dengan bahan berwarna gelap.

Tinta superwhite sangat populer di kalangan banyak orang dan sering dipakai untuk desain kaos bertema jadul atau mengandung unsur vintage. Karakter yang dihasilkan oleh tinta superwhite tidak terlalu terang. Karakter tinta yang sedikit buram dengan pantone warna yang turun sehingga warna agak redup. Kelebihan jenis tinta superwhite yaitu dapat diseterika pada bagian gambar yang disablon, yang mana sablon tidak akan lengket. Tinta sablon super white memiliki bahan dasar air (water based), sehingga membuatnya dapat dilarutkan dengan air ketika proses pencampuran warna. Kelebihan lainnya dari sablon superwhite yaitu:

  • Sangat cocok untuk menutup warna kain dasar
  • Sangat tipis dan nyaris bersatu dengan bahan kain, sehingga apabila diraba hampir tidak terasa
  • Lembut dan nyaman untuk digunakan sebagai kaos sablon
  • Tinta yang kuat dan bisa merekat dengan baik sehingga cocok dengan kain tanpa adanya retakan