Menu Makanan Bergizi Tinggi untuk Lansia

Makanan30 views

Seiring bertambahnya usia, penting untuk terus mengonsumsi makanan sehat. Namun, kebutuhan nutrisi seseorang ketika sudah lanjut usia (lansia) mungkin agak berbeda ketika masih muda dulu.

Jadi, seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan melambat. Itulah mengapa lansia membutuhkan kalori yang lebih sedikit daripada sebelumnya. Namun, tubuh juga membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu. 

Nah, dengan mengonsumsi makanan bergizi yang tepat, lansia bisa memiliki tubuh dan mental yang sehat, serta risiko yang lebih rendah untuk terkena berbagai macam penyakit. Yuk, simak makanan sehat apa saja yang baik untuk lansia di sini. 

Orang yang sudah lanjut usia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dengan kalori yang rendah. Selain itu, lansia juga perlu makan dari berbagai macam makanan bergizi untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. 

Makanan yang sehat dan bergizi tinggi sangat penting bagi kesehatan lansia. Seperti yang kita tahu, tubuh lansia membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi kognitif. Oleh karena itu, makanan yang tepat dapat membantu mencegah penyakit kronis dan memperpanjang umur lansia. Berikut ini adalah beberapa menu makanan lansia bergizi tinggi:

Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan lansia. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang dapat dijadikan menu makanan sehat untuk lansia adalah brokoli, wortel, bayam, tomat, mangga, apel, pisang, dan buah-buahan berry. Pastikan untuk memilih buah-buahan dan sayuran yang segar dan tidak terlalu matang, karena buah-buahan dan sayuran yang matang terlalu lama dapat kehilangan sebagian nutrisi yang penting.

Lansia juga perlu mengonsumsi berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni. Makanan sehat untuk lansia ini bisa memberikan asupan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh mereka. Contohnya, buah-buahan, terutama jeruk, sayuran berdaun hijau, paprika, tomat dan kentang adalah sumber vitamin C yang baik yang penting untuk imunitas yang kuat, dan membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Sementara sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kubis dan bayam bisa memberikan asupan kalsium yang penting untuk mencegah osteoporosis pada lansia.

Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan kaya akan omega-3 asam lemak. Omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan otak dan jantung lansia. Beberapa jenis ikan yang sangat baik untuk lansia adalah ikan salmon, tuna, sarden, dan makarel.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak serat, protein, dan nutrisi penting lainnya. Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dijadikan menu makanan sehat untuk lansia adalah kacang kedelai, kacang almond, kacang tanah, biji wijen, dan biji labu.

Susu dan Produk

Susu Rendah Lemak Susu dan produk susu rendah lemak mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tulang lansia. Beberapa produk susu rendah lemak yang dapat dijadikan menu makanan sehat untuk lansia adalah susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Susu juga merupakan minuman yang penting untuk lansia karena bisa memberikan asupan kalsium yang penting untuk kesehatan lansia. Pilihlah susu atau produk susu seperti keju, yang rendah lemak. 

Selain itu, susu kedelai atau susu beras yang sudah diperkaya oleh vitamin D juga merupakan pilihan makanan sehat untuk lansia. Sebab, vitamin D merupakan mineral penting seiring bertambahnya usia.

Itulah beberapa pilihan makanan sehat untuk lansia. Namun, memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan terkadang  terasa sulit, apalagi bila mereka harus menghindari beberapa makanan tertentu. 

Jadi, coba tanyakan pada dokter apakah lansia perlu mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral, seperti kalsium, vitamin D, magnesium, atau vitamin B-12. Pasalnya, vitamin spesifik tersebut sering kali kurang diserap atau tidak cukup dikonsumsi oleh orang tua.

Hati-hati, beberapa suplemen bisa mengganggu obat-obatan tertentu. Jadi, pastikan kamu bertanya pada dokter atau apoteker tentang potensi efek samping sebelum mulai mengonsumsi suplemen baru.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak mengandung protein dan zat besi yang sangat penting bagi kesehatan lansia. Beberapa jenis daging yang dapat dijadikan menu makanan sehat untuk lansia adalah daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan daging kalkun.

Air

Air adalah salah satu sumber nutrisi yang paling penting bagi kesehatan lansia. Kebanyakan lansia cenderung mengalami dehidrasi karena mereka mungkin tidak merasa haus atau karena mereka tidak minum cukup air. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan sehat.

News Feed