by

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

Memiliki jenjang pendidikan tinggi memang menjadi suatu privilese tersendiri untuk jobseeker. Namun, bukan berarti kamu harus pesimis jika pendidikan terakhir kamu adalah SMA loh. Karena faktanya, saat ini ada banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA, baik di perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional.

Jadi, lulusan SMA bisa kerja apa sih? Banyak pilihannya! Kalau kamu belum punya bayangan ingin kerja apa setelah lulus SMA, Admin punya daftar pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA di bawah ini dan sangat cocok sekali untuk kamu yang lagi cari loker sma (dan bisa sambil kuliah juga).

Pekerjaan untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Bisa Sambil Kuliah

Banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lamar dengan riwayat pendidikan terakhir SMA. Bahkan, beberapa pekerjaan juga bisa kamu lakukan meskipun masih menjadi pelajar SMA loh.

Berikut ini pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA sebagai referensi kamu cari kerja nanti. Sebagian besar lowongan kerja lulusan SMA di bawah ini berpotensi menghasilkan gaji besar, bahkan menjanjikan jenjang karir yang bagus, lho!

1. Sales Marketing

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA yang pertama adalah sebagai sales marketing, atau tenaga pemasar produk. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menerima (dan bahkan hanya menerima) sales marketing dengan pendidikan terakhir SMA, lho!

Tidak memiliki passion di bidang sales? Eits, jangan berpikir begitu dahulu. Dengan menjajal posisi sales marketing, kamu bisa memiliki career path yang bagus loh. Kenapa? Sebab, sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan sosok karyawan yang mampu “mempengaruhi pembeli”.

Sales marketing dikenal gigih dan memiliki kemampuan komunikasi yang hebat dan itu adalah soft skill yang dibutuhkan banyak posisi.

Jika kamu berhasil mencapai target perusahaan, kamu bisa mendapat upah besar yang bahkan melebihi nominal gaji. Selain itu, kamu juga berkesempatan meniti jenjang karir lebih cepat, tidak peduli pendidikan terakhirmu adalah SMA.

2. Penulis

Untuk menjadi penulis, kamu bahkan tidak perlu memiliki pendidikan tinggi. Kuncinya hanya kamu rajin membaca dan tidak lelah belajar dari apa yang kamu baca.

Biasanya, posisi penulis diremehkan karena banyak perusahaan yang memberi upah penulis dengan rendah. Namun, jika kamu menekuninya dengan sungguh-sungguh, kamu bisa loh mendapatkan penghasilan tinggi.

Sebut saja penulis keren seperti Ika Natassa, Raditya Dika, hingga Dewi Lestari yang menulis fiksi dan mendapatkan royalti hingga puluhan juta dalam sekali terbit. Lalu penulis-penulis buku motivasi seperti Henry Manampiring dengan Filosofi Terasnya yang laris manis di pasaran.

3. Bisnis Online

Berbisnis online jangan langsung diartikan dengan harus memiliki modal besar ya. Kamu bisa mulai dengan menjadi reseller bahkan dropshipper yang tidak perlu modal sama sekali.

Kunci untuk menjalankan bisnis online dengan sukses adalah jangan lelah untuk berpromosi serta harus pintar membaca situasi. Misal, bulan ini sedang ramai blus untuk ibu hamil, kamu coba menjadi supplier yang menjual blus ibu hamil. Kamu harus selalu update dengan hal viral dan konsisten menawarkannya.

4. Input Data

Pekerjaan untuk lulusan SMA berikutnya adalah input data. Posisi ini tidak meminta spesifikasi yang terlalu tinggi kok, kamu cukup memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan software di dalamnya, seperti Ms. Office.

Tugasnya adalah untuk memasukan data ke dalam sistem perusahaan. Harus teliti ya karena bisa fatal akibatnya jika salah memasukan data.

5. Pramugari/Pramugara

Mungkin, pramugari atau pramugara menjadi salah satu posisi yang banyak diminati oleh pelajar SMA, utamanya yang dari SMK. Selain karena bisa dilamar dengan riwayat pendidikan SMA, pramugari/pramugara diminati karena dikenal memiliki gaji besar dengan relasi kerja luas–dan bisa jalan-jalan!

Di Indonesia, ada dua jenis pekerjaan untuk lulusan SMA di bidang kepramugarian yang bisa kamu lamar, yaitu di perusahaan penerbangan dan PT. Kereta Api Indonesia.

Yap, KAI juga membuka lowongan sebagai pramugari/pramugara, lho. Jika kamu berhasil masuk sebagai train attendant di PT. KAI, kamu akan dapat gaji lumayan, jenjang karir menjanjikan, dan status karyawan BUMN sekaligus, menarik kan?