by

Penjelasan Mengenai Pentingnya Memilih Air Minum Berkualitas bagi Tubuh

Air minum menjadi kebutuhan sehari-hari bagi setiap manusia. Namun untuk menemukan air minum berkualitas memerlukan ketelitian agar terhindar dari zat, mikroorganisme, atau yang buruk bagi tubuh.

Kebutuhan satu ini bisa kamu dapatkan hanya dengan mengonsumsi air minum berkualitas yang kaya akan kandungan dan mineral. Tapi seberapa penting memilih air minum berkualitas bagi tubuh?

Apa air minum yang berkualitas dapat menyehatkan tubuh? Apakah dengan minum air rebusan cukup untuk memenuhi cairan tubuh sehari-hari?

Di samping kualitas, memang air memiliki peran penting bagi tubuh. Setidaknya sebesar 60% sampai 70% tubuh manusia terdiri dari air sesuai dengan berat masing-masing [1].

Lantas, masyarakat yang tinggal di kota dengan berbagai kesibukan, polusi, minimnya makanan sehat dapat membawa efek samping yang buruk. Perlu air minum berkualitas dan gaya hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Bahkan meski tidak melakukan banyak aktivitas, tidak berkeringat dan tidak merasakan haus, tubuh tetap membutuhkan cairan tubuh sesuai anjuran WHO yaitu kurang lebih 8 gelas setiap harinya [2].

Manfaat Penting Air Minum Berkualitas Bagi Tubuh

Air putih yang berkualitas memiliki banyak zat dan mampu menjaga kesehatan tubuh lebih baik dibandingkan air biasa. Kandungan mineral terdiri dari berbagai fungsi yang penting untuk bagi organ.

Biasanya air minum berkualitas dipenuhi dengan mineral bermanfaat seperti Kalsium, Kalium, Magnesium, Silica, Zinc, dan lain sebagainya.

Kalsium sendiri membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi sebagai penopang utama dalam kegiatan sehari-hari. Kalium menjaga dan melindungi benturan sisi antara sendi, serta manfaat lainnya [3].

Jadi tidak heran air minum berkualitas akan membantu menyehatkan organ tubuh. Kesehatan ginjal juga terjaga dengan konsumsi air putih yang teratur dan sesuai kebutuhan harian.

Menjaga Kadar Hidrasi Tubuh

Selain kandungan air minum berkualitas yang penting, tentu fungsi utama dari air mineral adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sedangkan untuk menentukan air minum yang berkualitas diperlukan sumber air serta pengolahan yang baik.

Sumber air yang baik memiliki kandungan mineral yang tinggi karena tersaring secara alamiah. Mineral dan batu di pegunungan membantu menjernihkan air sehingga bebas dari mikroorganisme dan zat berbahaya.

Biasanya air minum pegunungan menjadi pilihan utama dan anjuran Kementerian Kesehatan RI, apalagi yang sudah melalui proses penyulingan oleh para ahli. Pengolahan air sendiri tidak dapat diberikan kepada sembarang pihak [4].

Perlu penelitian mendalam yang memakan waktu hingga tahunan agar kualitas air minum dapat dipastikan sehat dan aman dikonsumsi oleh konsumen.

Hidrasi tubuh yang terjaga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh seperti kesehatan kulit, tulang, pencernaan, dan lain sebagainya.

Utamakan Air Olahan yang Aman

Air rebusan cukup untuk kegiatan sehari-hari? Perlu kajian mendalam mengenai perbandingan dua sumber air tersebut.

Lima hal yang menjadi indikator utama adalah dampaknya untuk kesehatan tubuh, kandungan mineral, kontaminasi kimia, proses penyulingan, dan lain sebagainya. Air rebusan sendiri biasanya bergantung pada air PDAM [5].

Namun, tidak sedikit yang masih mengandalkan air rebusan dari sumur di tengah perkotaan yang kemungkinan sudah terkontaminasi. Ada zat kapur dan logam yang kerap terkandung di air sumur.

Perlu pemilihan sumber air rebus yang baik dan harus dimasak hingga mendidih guna menghilangkan kuman di dalam air.

Bila memungkinkan pilih air pegunungan yang sudah tersaring secara alami oleh bebatuan alam. Manfaat serta mineral yang terkandung dapat membantu meningkatkan fungsi organ tubuh.

AQUA menjadi salah satu produsen air minum dalam kemasan yang sudah terpercaya lebih dari 45 tahun. Lebih dari 17 sumber mata air pegunungan dan telah memenuhi 9 kriteria, 5 tahapan dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi [6].

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

Selalu ada manfaat yang terkandung di setiap tetes kemurnian AQUA hingga ke tubuh kamu.

Jadi kamu sudah minum AQUA belum hari ini?

Referensi:

  1. https://doktersehat.com/persentase-air-dalam-tubuh/
  2. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengulik-3-kandungan-air-mineral/
  4. https://id.theasianparent.com/menjaga-hidrasi-tubuh
  5. https://www.sehataqua.co.id/samakah-kandungan-air-mineral-dan-air-rebusan/
  6. https://www.sehataqua.co.id/minum-air-mineral-berkualitas-dari-aqua-untuk-jaga-kesehatan/

News Feed