by

Set Top Box untuk TV analog serta Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Set Top box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa. Siaran TV analog di Indonesia akan dimatikan secara bertahap mulai Agustus 2021 hingga November 2022. Walaupun begitu, masyarakat tidak perlu khawatir, karena TV Analog bisa dimanfaatkan menjadi TV Digital dngan menggunakan alat Set Top Box (STB). Set Top Box sudah mendukung digital video broadcasting second generation terrestrial (DVB_T2), Standar TV Digital di Indonesia. Alat ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal, nmaun cukup dengan menggunakan antenna televise UHF-VHF. Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi pengaturan/setting kemudian pilih auto scan untuk memindai rogram-program siaran TV Digital.

  • Perbedaan TV Analog dan TV Digital

Perbedaan yang paling mendasar antara system penyiaran televise analog dan digital adalah terletak pada penerimaan gambar lewat pemancar. Untuk system analog, semakin jauh alat penerima sinyal (dalam hal ini televise) dari stasiun pemancar televise, sinyal akan melemah dan penerimaan gambar menjadi buruk dan berbayang. Sedangkan pada system digital, siaran gambar yang jernih dapat dinikmati sampai pada titik di mana tidak terjangkau sama sekali/sinyal tidak dapat diterima kembali.

Sedangkan pada system transmisi, kebanyakan TV di Indonesia masih menggunakan system analog dengan cara memodulasikannya langsung pada Frekuensi Carrier, sedangkan pada system digital, data gambar atau suara dikodekan dalam mode digital, baru kemudian dipancarkan.

  • Pembagian Set Top Box Gratis dari Pemerintah

Masyarakat yang masuk dalam kategori kurang mampu di tanah air akan mendapatkan Set Top Box gratis dari pemerintah yang dimulai pada bulan Juli 2021. Data dari Badan Pusat Statistik diketahui bahwa diperkirakan ada ,8 juta keluarga miskin, namun rencananya, pemberian STB ini hanya diberikan kepada keluarga kurang mampu yang sudah memiliki televisi. Sehingga, masyarakat kategori kurang mampu dapat bermigrasi dari TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Off (ASO) dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga dengan menambahkan alat STB, diharapkan masyarakat dapat menikmati berbagai pilihan konten siaran TV Digital.