by

Swab Test Antigen Murah dari SehatQ.com

Sebagian besar wilayah atau daerah di Indonesia telah mewajibkan untuk para pendatang yang masuk kedaerah tersebut, dengan alas an untuk menikmati liburan, atau ada keperluan lainnya untuk di lakukan Vaksin terlebih dahulu sebelum masuk kedaerah tersebut. Dengan tujuan agar tidak menyebarkan atau saling menjangkiti antara pendatang dengan penduduk setempat. Karena di khawatirkan pendatang tersebut akan membawa virus corona dari tempat ia berasal atau mungkin saja dari perjalanan dari rumah ke tempat tersebut.

Dalam test swab antigen memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan, dan swab test antigen ini sangat berbeda dengan rapid test antibody yang sebelumnya bisa di gunakan untuk keberangkatan, atau sebagai syarat untuk keluar masuk daerah tertentu. Swab test antigen adalah sebuah pemeriksaan serologi yang akan di lakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen yang spesifikasi dari virus SARS-Cov2 yang sedang melanda ini. Antigen sendiri adalah sebuah molekul yang dapat merangsang respon daya tahan tubuh dari orang yang di periksa atau pasien yang melakukan swab test tersebut.

Ahli patologi klinik juga menjelasakan tentang swab test antigen yang dilakukan pada tubuh pasien dengan cara mengambil specimen yang melalui swab atau juga bisa di sebut dengan usapan pada bagian dalam hidung atau juga tenggorokan. Oleh sebab itu, test ini hanya bisa dilakukan di lab atau juga rumah sakit oleh petugas yang paling kompeten.

Kemudian jika specimen tersebut sudah didapat dari pasien yang di ambil melalui hidung maupun tenggorokan, dan selanjutnya akan di periksa melalui alat yang canggih dengan proses yang cepat dan akurat.

Kelebihan dari Swab Test Antigen

  1. Sangat Cepat Hasil yang Keluar

Untuk bisa mengetahui hasil pemeriksaan tersebut bisa melalui alat rapid. Alat tersebut akan menampilkan warna garis test dalam waktu kurang dari 30 menit. Waktu yang di butuhkan dari test ini sangat cepat di bandingkan dengan rapid test antibody, akan tetapi masih jauh sangat cepat dengan test PCR.

  1. Virus Dapat di Deteksi Secara Langsung

Dengan menggunakan swab test antigen ini mampu mendeteksi komponen virus secara langsung tapi untuk deteksi dini saja. Kemudian test ini juga tidak memiliki atau memerlukan alat yang canggih untuk proses pemeriksaan di lab khusus seperti yang di lakukan oleh test swab PCR.

Kekurangan dari Swab Test Antigen

  1. Untuk jenis test ini hanya mampu menghasilkan pendeteksian dini saja, sehingga sangat mungkin akan memberikan hasil yang negative tapi di ragukan hasil swab test antigen tersebut.
  2. Keterampilan dari petugas yang memeriksa atau melakukan test antigen ini memiliki peran yang penting. Karena test ini harus mengambil spesimen yang ada di belakang bagian hidung atau pun tenggorokan, sehingga kemampuan dari petugas test juga sangat penting.
  3. Untuk swab test antigen ini memiliki validasi swab antigen yang masih terbatas, sehingga belum bisa menggantikan keberadaan dari swab test RT – PCR. Kemudian swab test antigen ini, juga hanya di sarankan untuk daerah yang memiliki ketersediaan alat test PCR yang minim dan mungkin sangat sulit di temui.

Melihat, kekurangan dan kelebihan dari sebuah alat, memang bisa di maklumi karena alat tersebut hanya buatan manusia, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi kamu jangan bersedih karena masih banyak Promo Kesehatan untuk test yang ada di SehatQ.com yang bisa kamu pilih sebagai cara untuk pencegahan virus corona.

News Feed